Rabu 31 Jan 2024 23:07 WIB

Janji Allah SWT untuk Nabi Nuh dan Asal-usul Umat Manusia

Allah SWT berjanji empat hal untuk Nabi Nuh.

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi nabi Nuh. Allah SWT berjanji empat hal untuk Nabi Nuh
Foto: MgIt03
Ilustrasi nabi Nuh. Allah SWT berjanji empat hal untuk Nabi Nuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Nuh alaihissalam adalah salah satu nabi dalam Islam yang diutus Allah SWT untuk menyampaikan wahyu-Nya kepada umat manusia. Kisah Nabi Nuh ditemukan dalam Alquran dan juga dalam literatur agama lainnya. 

Nabi Nuh merupakan pembawa risalah dan utusan Allah SWT yang menyelamatkan kaumnya dengan membangun bahtera besar untuk menghadapi banjir besar yang diutus sebagai azab atas kelalaikan mereka.

Baca Juga

Saat itu, Nabi Nuh telah menyampaikan kepada kaumnya janji Allah SWT bila mereka beriman kepada-Nya. Namun, umat Nabi Nuh mengingkarinya. Dalam Alquran surat Nuh ayat 11, Allah SWT berfirman:

يُّرْسِلِ السَّمَاۤءَ عَلَيْكُمْ مِّدْرَارًا Artinya: "(Jika kamu memohon ampun) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,"

Dalam Tafsir Tahlili Kemenag dijelaskan, ayat tersebut menjelaskan tentang Nabi Nuh menyampaikan kepada kaumnya janji Allah SWT bila mereka beriman kepada-Nya, yaitu:

  1. Allah SWT akan menurunkan hujan lebat yang akan menyuburkan tanah mereka dan memberikan hasil yang berlimpah sehingga mereka akan makmur 
  2. Allah SWT akan menganugerahkan kepada mereka kekayaan yang berlimpah   Allah SWT akan menganugerahkan anak-anak yang banyak untuk melanjutkan keturunan mereka, sehingga tidak punah 
  3. Allah SWT akan menyuburkan kebun-kebun mereka, sehingga memberi hasil yang berlimpah 
  4. Allah SWT akan memberi mereka sungai-sungai dan irigasi untuk mengairi kebun-kebun mereka, sehingga subur dan hijau.

Janji Allah SWT kepada umat Nabi Nuh tersebut sangat cocok dengan masyarakat waktu itu. Umat Nabi Nuh adalah nenek moyang umat manusia sekarang. 

Kebudayaan mereka masih dalam taraf permulaan kebudayaan manusia. Akan tetapi, janji Allah SWT itu tidak menarik hati mereka sedikit pun. Hal ini menunjukkan keingkaran mereka yang sangat hebat. 

Janji Allah SWT itu mengandung isyarat bahwa Ia menyuruh mereka mempergunakan akal pikiran. Mereka seakan-akan disuruh memikirkan kegunaan hujan bagi mereka. 

Hujan akan menyuburkan bumi tempat mereka berdiam, menghasilkan tanam-tanaman dan buah-buahan yang mereka perlukan. 

Baca juga: Ingin Segala Urusan Dipermudah Allah SWT? Baca Doa dari Alquran Berikut Ini

Sebagian hasil pertanian itu bisa mereka makan dan sebagian lainnya dijual, sehingga menambah kekayaan mereka. Hujan akan mengalirkan air menjadi sungai-sungai yang bermanfaat bagi mereka. 

Jika mereka mau menggunakan pikiran seperti itu, mereka tentu akan sampai kepada kesimpulan tentang siapa yang menurunkan hujan dan menyuburkan bumi sehingga menghasilkan keperluan-keperluan hidup mereka. 

Akhirnya, mereka tentu akan sampai kepada suatu kesimpulan sebagaimana seruan yang disampaikan Nabi Nuh kepada mereka, yaitu beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan yang menciptakan semua keperluan mereka.  

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement