Jumat 23 Feb 2024 13:36 WIB

Sama-Sama Artis, Suara Komeng Tembus 2 Juta, Ini Raihan Aldi Taher

Aldi Taher sulit untuk menembus Senayan.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Foto pencalonan Alfiansyah Bustami Komeng sebagai Daftar Calon Tetap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat yang ditampilkan pada surat suara Pemilu 2024.
Foto: ANTARA/KPU
Foto pencalonan Alfiansyah Bustami Komeng sebagai Daftar Calon Tetap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat yang ditampilkan pada surat suara Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Raihan suara sementara komedian Komeng dalam Pemilihan Anggota DPD 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat menembus angka 2 juta. Perolehan suara Komeng bak langit dan bumi jika dibandingkan dengan raihan suara artis serba bisa Aldi Taher.

Aldi maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI di Dapil Jawa Barat VII yang meliputi wilayah Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Dia diusung Partai Perindo dan mendapatkan nomor urut 2.

Baca Juga

Berdasarkan penghitungan surat suara atau real count yang dilakukan KPU atas 42,4 persen TPS di Dapil Jawa Barat VII, Aldi Taher tercatat hanya meraih 2.243 suara. Dengan raihan suara sebanyak itu, Aldi hampir bisa dipastikan tidak akan mendapatkan kursi di DPR.

Pasalnya, raihan suara Aldi kalah jauh dibanding caleg-caleg yang diusung partai lain di dapil tersebut. Selain itu, total raihan suara Partai Perindo secara nasional tak mencapai ambang batas parlemen empat persen.

Nasib Komeng lebih mujur. Dia hampir bisa dipastikan akan mendapatkan satu kursi anggota DPD dari total empat kursi yang diperebutkan di Jawa Barat. Komedian yang terkenal dengan jargon 'uhuy!' itu akan menjadi anggota DPD RI periode 2024-2029.

Pasalnya, raihan suara Alfiansyah Komeng merupakan yang tertinggi di Dapil Jawa Barat. Berdasarkan real count yang dilakukan KPU atas 61,27 persen TPS di Jawa Barat, Komeng meraih 2.058.928 suara atau 19,97 persen. Adapun peraih suara terbanyak kedua adalah Aanya Rina Casmayanti dengan torehan 856 ribu suara.

Apabila sudah menjadi anggota DPD, Komeng mengaku ingin memperjuangkan penetapan tanggal 27 September sebagai Hari Komedi Nasional. Tanggal itu dipilih karena bertepatan dengan hari lahirnya komedian legendaris Indonesia, yakni almarhum Bing Slamet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement