Selasa 28 Nov 2023 10:47 WIB

Warga Tanah Merah Berbondong-bondong Sambut Anies Berkampanye   

Anies mengungkapkan kedekatan emosionalnya dengan warga Tanah Merah.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan saat melakukan kampanye menggunakan sepeda motor di Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan saat melakukan kampanye menggunakan sepeda motor di Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Ratusan warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, berbondong-bondong menyambut calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan, Selasa (28/11/2023). Anies melakukan kick off kampanye di Kampung Tanah Merah pada hari perdana kampanye Pilpres 2024. 

Pantauan Republika, Anies tiba di Kampung Tanah Merah pada sekitar pukul 09.00 WIB. Anies mulanya mengendarai sepeda motor Nmax berplat B 4485 BRV dengan membonceng istrinya, Fery Farhati. 

 

Warga menyambut kedatangan Anies, mulai dari menyenandungkan kentongan hingga teriakan yel-yel dukungan untuk paslon nomor urut 1, AMIN. Para warga yang menyambut Anies berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil, anak sekolahan, ibu-ibu, hingga kalangan lanjut usia (lansia). 

 

Setelah mengendarai motor sekira 500 meter, Anies berjalan kaki menyapa para warga yang sudah bersiap. Anies dan para rombongan berjalan kaki sekitar 1 kilometer (km) hingga mencapai ke titik panggung orasi kampanye. 

 

Dalam orasinya, Anies menyapa para warga yang telah berkumpul di sekitar panggung. Anies menyampaikan nostalgia dirinya terhadap warga Tanah Merah saat dirinya hendak menjadi Gubernur DKI Jakarta.  Hingga akhirnya menjadi DKI 1 pada periode 2017-2022.

 

Hal yang paling populer dilakukan oleh Anies terhadap warga Tanah Merah adalah memberikan IMB. Hal itu sebagai wujud bahwa warga Kampung Tanah Merah memiliki legalitas. 

 

Dalam kesempatan itu, Anies mengungkapkan kedekatannya dengan warga Tanah Merah. Kedekatan emosional itu menjadi salah satu alasan Kampung Tanah Merah dijadikan titik kick off kampanye AMIN.

 

Anies mengungkapkan harapan agar warga Kampung Tanah Merah memberikan dukungan untuk bisa menjadi Presiden RI, setelah sebelumnya berhasil menjadi Gubernur DKI Jakarta. Anies pun menjanjikan akan lanjut memberikan perhatian kepada warga Tanah Merah jika terpilih sebagai RI 1. 

 

"Siapa pilihannya? Nomornya berapa?" teriak Anies kepada warga di titik kick off kampanye. 

 

"Anies! Satu!" seru warga teriak secara serempak. 

 

Setelah melakukan kick off kampanye di Tanah Merah, Anies akan berlanjut melakukan kampanye ke GOR Ciracas, Kramat Jati, Jakarta Timur. Setelah itu, kampanye diadakan di GOR Laga Tangkas-Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. 

 

Anies berlanjut akan menyapa warga di Jembatan Merah yang berlokasi di Jalan Kapten Muslimat, Cibogor, Bogor, Jawa Barat. Kemudian sore hari menuju ke Jakarta menggunakan KRL di Jalan Nyi Raja Permas, Bogor, Jawa Barat. 

 

Setelah sampai Jakarta, Anies akan menghadiri diskusi agenda transisi energi 'Urgensi dan Strategi Transisi Energi Indonesia dalam Kepemimpinan Lima Tahun ke Depan' ICEF di Grha Bimasena, Jakarta Selatan. 

 

Sehingga, Anies melakukan kampanye perdana di Jakarta dan Bogor pada Selasa (28/11/2023). Sementara itu, pasangannya Muhaimin Iskandar melakukan kampanye di Jawa Timur. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement