Jumat 02 Aug 2024 14:25 WIB

Alumni UNM Jadi Pelatih bersertifikat KNIME Pertama di Indonesia

IKANI jadi komunitas yang dapat membangun jaringan luas dengan sesama alumni.

 Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan bangga mengumumkan bahwa salah satu alumninya, Arief Rama Syarif  telah telah menjadi  orang pertama dan satu-satunya dari Indonesia sebagai KNIME Certified Trainer & Contributor.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan bangga mengumumkan bahwa salah satu alumninya, Arief Rama Syarif telah telah menjadi orang pertama dan satu-satunya dari Indonesia sebagai KNIME Certified Trainer & Contributor.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan bangga mengumumkan bahwa salah satu alumninya, Arief Rama Syarif  telah telah menjadi  orang pertama dan satu-satunya dari Indonesia sebagai KNIME Certified Trainer & Contributor. Arief Rama Syarif telah menyelesaikan seluruh sertifikasi di learning path KNIME, sebuah platform analitik data open-source terkemuka.

Arief merupakan lulusan program studi Ilmu Komputer S2 di Universitas Nusa Mandiri dan saat ini menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni Nusa Mandiri (IKANI), telah mencapai prestasi luar biasa, menandai pencapaian penting di bidang analitik data.

Baca Juga

Kepala Nusamandiri Career Center (NCC), Muhammad Faisal mengatakan sebagai seorang alumni Arief Rama Syarif menunjukkan dedikasi dan keahlian luar biasa dalam bidang ilmu data. “Selain prestasi akademik yang dimilikinya, Arief juga merupakan Pendiri Yayasan Komunitas Open Source, dirinya berperan penting dalam mempromosikan dan mengembangkan teknologi open-source di seluruh Indonesia,” ujar Faisal dalam rilis yang diterima, Jumat (2/8/2024).

Dalam berorganisasi, ungkap Faisal, Arief juga aktif sebagai ketua IKANI memimpin ribuan alumni dan memberikan kontribusi yang positif bagi Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri. “Keahliannya tidak hanya terbatas pada peran profesionalnya, Arief juga merupakan dosen yang berdedikasi, berbagi pengetahuan kepada generasi data scientist dan analis berikutnya. Sejak tahun 2017, Arief aktif berbagi ilmu dan pengalamannya melalui kegiatan online maupun offline dengan memanfaatkan KNIME Analytics Platform,” ungkapnya.

Faisal menegaskan komitmen Arief terhadap pendidikan tercermin melalui upayanya yang berkelanjutan untuk berinteraksi dengan komunitas akademik dan profesional. “Pelatih bersertifikat KNIME pertama di Indonesia ini, mengajarkan ilmu data kepada orang-orang dari berbagai usia dan mengembangkan komunitas KNIME dengan pesat di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Arief Rama Syarif merasa terhormat menjadi orang pertama dan satu-satunya dari Indonesia sebagai KNIME Certified Trainer & Contributor yang telah menyelesaikan seluruh sertifikasi di learning path KNIME.

“Prestasi ini bukan hanya pencapaian pribadi, tetapi juga bukti dukungan dari Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan komunitas ilmu data secara luas. Saya berharap ini dapat menginspirasi orang lain untuk mengejar minat mereka dalam analitik data dan pembelajaran terus-menerus,” katanya.

Ia menyampaikan IKANI menjadi komunitas yang dapat membangun jaringan luas dengan sesama alumni, yang dapat membantu dalam mencari pekerjaan, kolaborasi bisnis, dan peluang karir lainnya. “IKANI menjadi mercuasuar Sumber Inspirasi Kesuksesan alumni dapat menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa dan menunjukkan berbagai jalur karier yang mungkin mereka tempuh setelah lulus,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement