Rabu 29 Nov 2023 16:40 WIB

Segera Dicetak, Ini Desain Resmi Surat Suara Pilpres 2024

Desain surat suara itu telah disetujui semua pihak dan akan segera dicetak.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Desain surat suara Pilpres 2024.
Foto: tangkapan layar
Desain surat suara Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah menetapkan desain surat suara Pilpres 2024. Desain surat suara yang memuat tiga pasangan capres-cawapres itu akan segera dicetak untuk selanjutnya dikirim ke seluruh penjuru Indonesia.

Dalam dokumen yang diterima Republika.co.id, tampak desain surat suara tersebut berwarna merah dan putih dan menampilkan foto tiga pasangan calon. Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ditempatkan di posisi paling kiri.

Baca Juga

Anies dan Imin tampak mengenakan jas hitam, peci nasional hitam, dan berpose salam Pancasila. Gelar akademik dan status haji Anies dan Imin ditulis lengkap di bawah foto masing-masing.

Di bagian tengah surat suara ada pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Keduanya kompak mengenakan kemeja warna biru langit tanpa embel-embel lain. Nama keduanya tidak disertai gelar, kecuali Prabowo ada status hajinya.

Adapun pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD ditempatkan di posisi kanan surat suara. Ganjar mengenakan kemeja warna hitam, sedangkan Mahfud memakai kemeja putih serta peci hitam. Nama keduanya ditulis lengkap dengan gelar dan status haji.

Di bagian bawah foto pasangan calon terdapat partai politik pengusung masing-masing. Adapun di bagian atas surat suara tertera lambang KPU RI dan penamaan jenis surat suara tersebut.

Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan desain surat suara itu telah disetujui semua pihak. Desain tersebut akan segera dicetak. "Sudah disetujui, berikutnya masuk proses di percetakan," kata Drajat kepada wartawan, Rabu (29/11/2023).

Sebelumnya, Selasa (28/11/2023), Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyebut surat suara pilpres untuk pemilihan luar negeri sudah tuntas dicetak 100 persen. Suara suara tersebut kini sedang dalam proses pelipatan dan sortir. Pengiriman ke panitia di luar negeri akan dimulai pada 6 Desember 2023.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement