Kamis 30 Nov 2023 22:03 WIB

Prabowo-Gibran tak Kunjung Kampanye, TKN: Prabowo Sudah Bantu Rakyat Sejak Jauh-Jauh Hari

Masa kampanye Pilpres 2024 dimulai pada Selasa (28/11/2023).

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad (tengah) dan Wakil Ketua TKN Habiburokhman saat konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023).
Foto: Republika/Febryan A
Ketua Koordinator Strategis TKN Prabowo-Gibran, Sufmi Dasco Ahmad (tengah) dan Wakil Ketua TKN Habiburokhman saat konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan hanya akan berkampanye pada akhir pekan karena fokus bekerja sebagai pejabat publik. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengindikasikan bahwa mereka tak khawatir kehilangan pemilih meski dua paslon kompetitor sudah tancap gas kampanye.

Ketua Koordinator Strategis TKN, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, meski Prabowo hanya kampanye saat akhir pekan, tapi ketua umum Partai Gerindra itu sudah banyak membantu rakyat jauh sebelum kampanye. Prabowo sebagai pribadi ataupun sebagai ketua umum telah menghadirkan banyak program yang bermanfaat untuk rakyat di banyak daerah.

Baca Juga

"Implementasi atau perbuatan-perbuatan nyata Pak Prabowo di daerah-daerah pinggiran, di daerah-daerah timur misalkan, itu sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, baik sebagai ketua umum partai Gerindra ataupun sebagai seorang Prabowo Subianto pribadi," kata Dasco saat konferensi pers di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (30/11/2023).

Dasco menambahkan, berbagai program yang dibuat Prabowo sudah dirasakan manfaatnya oleh banyak masyarakat. Dia tak menyebutkan apa saja program yang sudah dibuat Prabowo. Dia hanya menyebut bahwa program-program itu tidak dipublikasikan.

"Nah Itu ada banyak program yang kita jalankan yang dirasakan oleh masyarakat walaupun kita tidak publish," kata Ketua Harian Partai Gerindra itu.

Spesifik soal persaingan memperebutkan suara lewat kampanye, Dasco menyebut pihaknya punya alat ukur untuk melihat efektivitas kampanye Prabowo-Gibran dan dua pasangan calon lainnya. Efektivitas kampanye semua pasangan calon itu akan dijadikan bahan pertimbangan kampanye ke depan.

"Kan kita ada parameter, nanti kita sama-sama lihat dari minggu ke minggu, bulan ke bulan efektivitas kampanye dari masing-masing paslon," ujar Wakil Ketua DPR RI itu.

Masa kampanye Pilpres 2024 dimulai pada Selasa (28/11/2023). Namun, Prabowo dan Gibran hingga hari ini masih fokus bekerja sebagai Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo. Keduanya direncakan berkampanye hanya pada hari libur dan saat cuti jika mendesak. Prabowo dan Gibran baru akan memulai kampanye perdana pada akhir pekan ini.

Sementara pasangan nomor urut 2 itu masih fokus bekerja sebagai pejabat publik, dua kompetitor mereka justru langsung tancap gas berkampanye sejak hari pertama Pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies-Muhaimin pada hari pertama berkampanye di sejumlah titik di wilayah Jabodetabek. Adapun pasangan nomor urut 3, Ganjar-Mahfud berkampanye secara terpisah di Merauke, Papua Selatan dan di Sabang, Aceh.

 

photo
Angka Elektabilitas Capres-Cawapres November 2023 - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement