Jumat 01 Dec 2023 16:52 WIB

KPU Ubah Format Debat Pilpres 2024, tidak Ada Debat Khusus Cawapres Seperti 2019

Capres dan cawapres akan selalu hadir bersamaan di lima kali debat Pilpres 2024.

Rep: Febryan A, Eva Rianti, M Noor Alfian Choir, Wahyu Suryana/ Red: Andri Saubani
Ketua KPU Hasyim Asyari. KPU mengubah format debat Pilpres 2024 dengan meniadakan debat capres dan cawapres secara terpisah. (ilustrasi)
Foto:

KPU sebelumnya menetapkan debat putaran pertama akan dilaksanakan di Kantor KPU RI pada 12 Desember 2023. Debat antartiga pasangan capres-cawapres itu akan ditayangkan di stasiun televisi nasional.

Tiga pasangan yang akan beradu gagasan adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menanggapi ihwal agenda debat capres-cawapres dalam Pilpres 2024 dilakukan secara bersamaan. Menurut Anies, sebaiknya pola debat capres-cawapres dilakukan sama dengan sebelumnya, yakni terpisah. 

"Menurut hemat kami yang sudah biasa dikerjakan ya itu saja diteruskan, sehingga kita memiliki kepastian kalau disebut sebagai debat dari waktu ke waktu itu polanya sama," kata Anies kepada wartawan usai menghadiri agenda 'Dialog Pers dan Capres dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)' di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Anies menuturkan, pola debat capres-cawapres yang telah dilakukan dalam pemilu sebelumnya perlu dijaga. Dia mengaku sedikit banyak mengetahui tentang agenda debat pemilu karena pernah berpengalaman menjadi moderator debat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pertama pada 2009 yang lalu. Sejak itu, Anies menyebut format debat terus berulang. 

"Menurut saya ketika dijaga berulang maka publik juga memiliki kesadaran membandingkan bukan hanya antar calon tapi antarperiode capres sekarang dengan periode-periode sebelumnya," ujar dia. 

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming mengaku telah bersiap untuk debat capres-cawapres perdana, 12 Desember 2023 mendatang. "Ya sudah dipersiapkan," katanya di Balai Kota Solo, Jumat (1/12/2023). 

Gibran mengatakan persiapannya melibatkan sejumlah tokoh dalam prosesnya. Kendati demikian, ia enggan menyebutkan tokoh-tokoh itu.

"Nanti ada (melibatkan tokoh)," jelas dia.

Putra sulung presiden Jokowi tersebut juga mengatakan ada kolaborasi dengan Prabowo Subianto selama persiapan. "Iya (kolaborasi dengan Prabowo)," katanya mengakhiri. 

photo
Angka Elektabilitas Capres-Cawapres November 2023 - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement