Jumat 01 Dec 2023 17:58 WIB

Dianggap Takut Adu Gagasan, Gibran Pastikan Hadir Debat Resmi KPU

Gibran mengaku sudah mempersiapkan diri menghadapi debat antarkandidat.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka  menghadiri Rakornas TKN-TKD Prabowo-Gibran di Jakarta, Jumat (1/12/2023). Rakornas Yang digelar secara tertutup tersebut membahas stategi dan teknis kampanye untuk memenangkan Prabowo-Gibran.
Foto: Republika/Prayogi
Cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka menghadiri Rakornas TKN-TKD Prabowo-Gibran di Jakarta, Jumat (1/12/2023). Rakornas Yang digelar secara tertutup tersebut membahas stategi dan teknis kampanye untuk memenangkan Prabowo-Gibran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka merespons anggapan publik bahwa dirinya takut debat atau adu gagasan. Gibran memastikan dirinya akan hadir dalam acara debat resmi Pilpres 2024 yang digelar KPU RI.

"Ya, ntar datang pas debat resmi," kata Gibran ketika diminta tanggapan soal isu takut debat, usai menghadiri Rakornas TKN Prabowo-Gibran di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga

Pria berusia 36 tahun itu mengaku sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat antarkandidat resmi itu. Dia meminta agar didoakan supaya bisa lancar mengikuti debat.

Anggapan bahwa Gibran takut debat itu mencuat di media sosial karena Gibran tak menghadiri acara dialog publik yang digelar PP Muhammadiyah pada pekan lalu. Prabowo tampil seorang diri dalam acara tersebut. Adapun pasangan Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud kompak hadir.

Sekretaris TKN, Nusron Wahid tegas membantah anggapan bahwa Prabowo dan Gibran takut menghadiri agenda uji gagasan ataupun debat. Sebab, Gibran tak hadir karena punya agenda lain.

"Takut apa, ndak ada sesuatu yang menakutkan, takut ngapain," kata Nusron saat ditemui di Doa dan Sholawat Pemilu Damai yang digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Senin (27/11/2023).

Nusron menyebut, Prabowo dan Gibran pasti akan menghadiri debat yang digelar KPU. Menurutnya, ide-ide dan gagasan-gagasan Prabowo-Gibran saat ini sedang disimpan untuk debat KPU.

KPU mengagendakan debat lima putaran yang terdiri atas tiga kali debat antar capres dan dua kali antar cawapres. Kendati begitu, pasangan capres-cawapres hadir bersamaan dalam lima kali ajang adu gagasan itu. Hanya porsi bicaranya saja dibedakan.

Debat putaran pertama akan dilaksanakan di Kantor KPU RI pada 12 Desember 2023. Debat antar tiga pasangan capres-cawapres itu akan ditayangkan di stasiun televisi nasional.

Tiga pasangan yang akan beradu gagasan adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement