Jumat 01 Dec 2023 20:49 WIB

Hatta Radjasa: Gibran Siap Debat Antarcawapres

Menurut Hatta, Gibran punya kemampuan berdebat karena berpengalaman jadi wali kota.

Rep: Febryan A/ Red: Andri Saubani
Anggota Dewan Pembina TKN Prabowo-Gibran, Hatta Radjasa usai mengikuti Rakornas TKN di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).
Foto:

KPU akan menggelar lima kali debat kandidat Pilpres 2024, yang terdiri atas tiga kali debat antarcapres dan dua kali antarcawapres. Kendati begitu, rapat KPU dan tim sukses memutuskan bahwa pasangan capres-cawapres hadir bersamaan dalam lima kali ajang adu gagasan itu. 

Hanya porsi bicaranya saja dibedakan. Dalam debat capres, yang banyak berbicara adalah para capres. Hal serupa untuk debat cawapres.

Debat putaran pertama akan dilaksanakan di Kantor KPU RI pada 12 Desember 2023. Debat perdana itu mengangkat tema hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat antar tiga pasangan capres-cawapres itu akan ditayangkan di stasiun televisi nasional. Tiga pasangan yang akan beradu gagasan adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sebagai perbandingan, lima putaran debat Pilpres 2019 digelar dengan format berbeda. Ajang adu gagasan itu digelar dengan komposisi dua kali debat dihadiri pasangan capres-cawapres, dua kali debat hanya dihadiri capres, dan satu kali debat khusus dihadiri cawapres.

photo
Angka Elektabilitas Capres-Cawapres November 2023 - (infografis Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement