Sabtu 02 Dec 2023 13:09 WIB

Survei Ungkap Ganjar-Mahfud Unggul di Sektor Perburuhan dan Kedaulatan Pangan

Ganjar-Mahfud dinilai lebih peduli isu ketenagakerjaan daripada paslon lainnya.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul dari pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) dan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam isu perburuhan dan ketenagakerjaan. Pasangan Ganjar-Mahfud dinilai responden lebih peduli isu buruh dan tenaga kerja dibandingkan 2 pasangan capres-cawapres lainnya.

"Dari survei LPI, sebanyak 68 persen publik menilai pasangan Ganjar-Mahfud MD yang paling peduli terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan. Di urutan kedua, ada pasangan Anies-Cak Imin sebesar 12,5 persen, sedangkan di urutan ketiga pasangan Prabowo-Gibran dengan 10,75 persen sementara yang tidak menjawab sebesar 8,75 persen," kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan dalam keterangan pers hasil paparan survei pada Sabtu (2/12/2023). 

Baca Juga

Ali mengatakan dalam survei ini, LPI memotret persepsi publik terhadap isu perburuhan. Hal ini mengingat situasi terkini ada desakan kuat dari elemen buruh terhadap kenaikan upah serta isu-isu lain yang melingkupinya. Menurut dia, terdapat sejumlah alasan yang menyebabkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul di isu perburuhan (ketenagakerjaan). 

"Pertama, dari data survei terlihat bahwa ada pernyataan Prabowo Subianto di sebuah forum yang meminta kepada kaum buruh untuk tidak selalu menuntut kenaikan upah. Nah ini, mendapat reaksi dari hampir mayoritas kaum buruh," ujar Ali.

"Kedua, sebagian responden melihat rekam jejak, serta kemauan dari pasangan Ganjar-Mahfud MD dalam mengakomodasi aspirasi kaum buruh dan komitmen untuk melakukan kebijakan afirmatif yang melindungi kaum buruh, tetapi juga tidak merugikan pelaku usaha. Dan suara mayor kaum buruh, juga menghendaki revisi UU Ciptaker," ujar Ali.

Ali melanjutkan survei ini tentu saja masih sangat dinamis. Sehingga publik akan terus mencermati berbagai aspek dari setiap kontestan Pilpres 2024. 

"Pernyataan setiap paslon itu akan dicermati. Termasuk tawaran kongkrit, rasional yang akan diajukan oleh setiap paslon untuk meraih dukungan maksimal dari publik," ujar Ali. 

Selain isu perburuhan, LPI juga mengukur persepsi publik tentang isu pertanian, kedaulatan pangan, serta isu ekonomi-sosial seperti pengangguran, penciptaan lapangan kerja, hingga stabilitas harga bahan pokok. Dalam konteks itu, elektabilitas pasangan calon Ganjar-Mahfud MD unggul rerata di atas 60 persen dibandingkan paslon lain. 

Diketahui, survei LPI ini digelar pada 22- 27 November 2023. Survei ini dilakukan 18 provinsi terhadap 1.700 responden yang merupakan pekerja atau buruh berumur 17 tahun atau sudah kawin. Survei menggunakan metode multi stage random sampling, dengan margin of error plus minus 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Hasil lengkap survei LPI:

 

1. Pasangan yang dapat Sejahterakan Buruh

- Ganjar Pranowo- Mahfud MD: 69,25 persen

- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 12,75 persen

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 9,74 persen

- Tidak tahu: 8,25 persen

 

2. Pasangan paling peduli terkait isu buruh

- Ganjar Pranowo- Mahfud MD: 68 persen

- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 12,5 persen

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 10,75 persen

- Tidak tahu: 8,75 persen

 

3. Pasangan yang bisa wujudkan kedaulatan pangan

- Ganjar Pranowo- Mahfud MD: 67,5 persen

- Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 12,25 persen

- Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 11 persen

 - Tidak tahu: 9,25 persen

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement