Ahad 03 Dec 2023 00:25 WIB

Ditanya Ingin Makan Malam dengan Siapa, Anies: Nabi Muhammad dan Nelson Mandela

Anies juga mengaku ingin jadi Gatotkaca jika bisa jadi superhero.

Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dalam konferensi pers usai menghadiri agenda Dialog Pers dan Capres dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan dalam konferensi pers usai menghadiri agenda Dialog Pers dan Capres dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (1/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dalam acara Konferensi Kebijakan Luar Negeri Indonesia (CIFP) 2023, Capres Anies Rasyid Baswedan mendapat pertanyaan dari perwakilan peserta konferensi untuk dijawab dengan cepat.

Saat ditanya dengan siapa Anies ingin makan malam bersama, dia menjawab Nabi Muhammad Saw, mantan presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, dan politikus asal India Mahatma Gandhi.

Baca Juga

"Boleh berimajinasi total, ya. Nomor satu, Nabi Muhammad Saw; yang kedua, saya akan mengobrol dengan Nelson Mandela; kemudian, yang ketiga adalah orang yang pernah saya datangi rumahnya, yaitu Mahatma Gandhi," tutur Anies disambut tepuk tangan ribuan peserta yang hadir dalam konferensi CIFP 2023 di di Jakarta, Sabtu (2/12/2023).

Tiga nama yang disampaikan Anies itu merupakan tokoh-tokoh inspiratif dunia dari dulu hingga kini. Kemudian, ketika ditanya soal keinginannya menjadi pahlawan super seperti siapa jika dia memiliki kesempatan, Anies menjawab seorang tokoh dalam cerita Mahabharata, yakni Gatotkaca.

"Gatokaca. Itu superhero masa kecil saya. Bacaan masa kecil saya itu," ujar Anies. Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan cepat itu, Anies juga sempat ditanya kunjungan luar negeri ke mana yang dia ingin lakukan pertama kali jika terpilih sebagai presiden Indonesia.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu ingin berkunjung ke Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai destinasi awalnya. "Pertama, kembali hadir di sidang PBB, bukan menjadi peserta penonton, tetapi peserta yang membawa gagasan Indonesia untuk dunia," kata Anies.

Kunjungan kerja berikutnya ialah negara-negara yang secara teritorial dekat dengan Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, maupun Australia. Kemudian, Anies mengaku ingin ke Palestina sebagai bentuk dukungan moral Indonesia bagi Palestina agar memperoleh kemerdekaan seutuhnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement