Sabtu 02 Dec 2023 23:10 WIB

Ganjar-Mahfud Terima Dukungan Kiai dan Santri Mataraman di Trenggalek

Mahfud mengaku tak ingin memaksakan pilihan politik pada rakyat.

Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD (tengah) saat bersilaturahim dengan kiai Mataraman di Ponpes Sulaiman di Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023).
Foto: dok tim media ganjar-mahfud
Cawapres Nomor Urut 3 Mahfud MD (tengah) saat bersilaturahim dengan kiai Mataraman di Ponpes Sulaiman di Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (2/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md menerima dukungan dari kiai dan santri Mataraman yang tergabung dalam Kyai Santri Bersama Mahfud (KSBM). Deklarasi dukungan dilakukan di Pondok Pesantren Sulaiman, Trenggalek, Jawa Timur, pada Sabtu (2/12/2023).

Mahfud mengaku bersyukur mendapatkan dukungan politik dari masyarakat. Terutama dari kiai Mataraman yang tergabung dalam KSBM yang siap mengawal dan memenangkan pasangan nomor urut 3.

Baca Juga

"Ini ada silaturahmi dan deklarasi karena musim pemilu ya deklarasi," kata Mahfud di Pondok Pesantren Sulaiman, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (2/12/023).

KSBM merupakan para kiai dan ulama se-Jawa Timur yang berasal dari beberapa daerah. Antara lain, seperti Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Blitar, Tulungagung, Madiun, Magetan, Ngawi, Pacitan, dan Nganjuk.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud menekankan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan. Mahfud mengaku  tak ingin memaksakan pilihan politik rakyat.

"Tetap yang diharapkan (bahwa) rakyat tetap rukun menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pilih sesuai bisikan nurani dan keyakinan apa yang baik bagi bangsa Indonesia," katanya.

Mahfud juga mempersilakan masyarakat untuk tetap menilai dirinya mengenai kapabilitas sebagai pemimpin Indonesia untuk periode 2024-2029.

"Silakan dinilai sesuai objektivitas yang benar. Kalau tidak (pantas), ya tidak usah," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) tersebut.

Di sisi lain, dirinya berharap bahwa para kiai dan santri selalu berkomitmen dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Ia juga berharap agar para santri dapat termotivasi untuk berpartisipasi dalam Pemilu.

"Mudah-mudahan semua mendorong agar para santri ikut Pemilu dengan bebas, dan melindungi para santri dan masyarakat atas tekanan-tekanan politik yang tidak sehat," ujarnya.

Mahfud menjelaskan bahwa potensi terjadinya tekanan politik tetap ada di Pemilu 2024, sehingga masyarakat tetap perlu meningkatkan kewaspadaan.

Salah satu perwakilan pondok pesantren, Ahmad Arda Billy mengaku, para kiai dan santri yang tergabung dalam KSBM Mataraman berkomitmen untuk mendukung penuh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden 2024. 

"Ini karena beliau Bapak Mahfud adalah juga bagian dari pada santri, sehingga kami sebagai santri juga harus ikut bersama-sama menyukseskan pasangan nomor urut 3 ini," kata Ahmad Arda Billy.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement