Ahad 03 Dec 2023 13:07 WIB

Kaesang Ziarah ke Makam Gus Dur di Jombang

Gus Dur dinilai sebagai guru bangsa yang perlu diteladani.

Pengurus DPP PSI ziarah ke makam Gus Dur di Jombang
Foto: Antara
Pengurus DPP PSI ziarah ke makam Gus Dur di Jombang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep didampingi Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni melakukan ziarah ke makam Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang berada di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada Sabtu malam (2/12/2023).

​​​​​Kedatangan Kaesang ke makam Gus Dur disambut Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Abdul Hakim atau Gus Kikin.

Baca Juga

Ziarah ke makam Gus Dur itu dilakukan di sela-sela blusukan Kaesang ke-11 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk melakukan kampanye politik pada Pemilu 2024.

"Mas Kaesang minta dijadwalkan ziarah ke makam Gus Dur tadi malam," kata Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Ahad.

Menurut dia, ziarah ke makan Gus Dur merupakan napak tilas penguatan semangat juang ke-Indonesiaan.

"Gus Dur adalah guru bangsa dan banyak yang dapat dipelajari dari Gus Dur. Komitmennya terhadap penguatan kebhinekaan Indonesia patut ditiru," kata Juli.

Dalam ziarah itu, Kaesang dan Juli tampak memanjatkan doa dan tahlil. Kemudian, dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara makam Gus Dur.

Kaesang selama lima hari, mulai dari Sabtu (2/12/2023) hingga Kamis (6/12/2023) akan blusukan ke Jawa Timur dalam rangka kampanye  Pemilu 2024. Ke-11 kabupaten/kota itu antara lain Lamongan, Tuban, Magetan, Banyuwangi, Malang, Jember, Pasuruan, dan Surabaya.

Busukan ini diharapkan menuai simpati rakyat Jatim untuk memenangkan Prabowo-Gibran dan memilih PSI di Pemilu Legislatif.

Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada 14 Februari 2024.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement