Ahad 03 Dec 2023 18:41 WIB

Mahfud Mengaku Hanya Minta Doa ke Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Situbondo

Mahfud menilai para kiai sudah cerdas untuk menentukan pilihan dan sikap politik.

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD (kedua kiri) saat bersilaturahim ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi
Foto: dok tpn ganjar mahfud
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD (kedua kiri) saat bersilaturahim ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO--Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mohammad Mahfud Mahmodin atau Mahfud MD bersilaturahim ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, pada Ahad (3/12/2023). Mahfud terlebih dahulu berziarah ke makam pahlawan nasional KHR As'ad Syamsul Arifin.

Makam KHR As'ad Syamsul Arifin berada di komplek Ponpes Salafiyah Syafi'iyah. Ziarah dilakukan Mahfud sebelum silaturahim ke kediaman pengasuh ponpes KHR Achmad Azaim Ibrahimy.

Baca Juga

Mahfud bertemu dan disambut langsung wakil pengasuh ponpes Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Kiai Haji Afifuddin Muhajir.

"Kami tidak bicara dukungan karena kiai-kiai sudah punya sikap politik masing-masing dan otonom. Saya minta doa saja," kata Mahfud kepada wartawan usai ziarah makam pendiri dan juga pengasuh kedua Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo, Ahad (3/12/2023).

Menurut Mahfud, para kiai sudah cerdas untuk menentukan pilihan dan sikap politik. Menurut Mahfud, yang terpenting bagaimana rakyat dan santri tidak menjadi korban karena perbedaan politik.

"Sejauh ini saya berkunjung ke kiai-kiai, mungkin ada banyak alternatif tawaran dari luar, ya kiai bisa memutuskan sendiri. Tapi, silaturahmi tetap jalan. Dua hari ini silaturahmi ke kiai-kiai di Jatim, kemarin di Trenggalek," kata Mahfud.

Pasangan dari calon presiden Ganjar Pranowo ini tidak memberikan banyak komentar ketika ditanya soal keputusan Komisi Pemilihan Umum yang meniadakan debat cawapres pada kampanye Pilpres 2024.

"Tidak apa-apa, itu urusan KPU. Saya disuruh debat setuju, disuruh lomba goreng martabak dan goreng apa saja setuju, biar KPU yang menentukan," kata Mahfud sembari tersenyum.

Selain silaturahmi ke Ponpes Salafiyah Syafi’iyah, Mahfud juga dijadwalkan bertemu dengan pengasuh pesantren di seluruh Probolinggo dan Pasuruan. Yakni di Ponpes Nurul Jadid Paiton.

Pada Ahad malam, pukul 20.00 WIB, Mahfud dijadwalkan berada di Bondowoso. Di Bodowoso, Mahfud rencananya menghadiri sholawatan dan doa bersama di lapangan Victory.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement