Selasa 05 Dec 2023 22:31 WIB

KPU DKI: 2.841 TPS Ada di Daerah Rawan Banjir

KPU DKI Jakarta sebut sebanyak 2.841 TPS ada di daerah rawan banjir.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Warga mnggunakan rakit melintas di depan TPS. KPU DKI Jakarta sebut sebanyak 2.841 TPS ada di daerah rawan banjir.
Foto: Abdan Syakura
Warga mnggunakan rakit melintas di depan TPS. KPU DKI Jakarta sebut sebanyak 2.841 TPS ada di daerah rawan banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan telah memetakan sebaran lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang dikategorikan rawan bencana banjir.

"Dari total 30.766 TPS, telah dipetakan sebanyak 2.841 TPS yang masuk ke dalam lokasi rawan banjir. Namun, kami memerlukan analisis bersama BPBD DKI terkait titik-titik ini, untuk selanjutnya dilakukan mitigasi bersama khususnya dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” kata Dody dalam keterangannya pada Selasa (5/12/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan mulai dari pemetaan titik-titik TPS rawan banjir, pembahasan strategi dan skenario darurat dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara hingga penyiapan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang dapat mendukung penyelenggaraan pemilu.

“Mitigasi bencana perlu dilakukan bersama-sama dalam rangka mencapai target untuk zero accident dan zero PSU (pemungutan suara ulang) dalam pemilu serentak 2024”, tegas Dody.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan pertemuan ini menjadi upaya yang sangat baik yang dilakukan KPU DKI untuk membahas antisipasi dan mitigasi dalam menyikapi puncak musim hujan yang diprediksi akan terjadi pada bulan Februari 2024.

"Wilayah-wilayah lainnya di seluruh Indonesia dapat mempertimbangkan situasi kebencanaan dalam penyelenggaraan pemilu serentak 2024," kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement