Kamis 07 Dec 2023 18:42 WIB

Budiman: Capres-Cawapres Bisa Saling Bantu di Debat Justru Rugikan Prabowo-Gibran

Budiman Sudjatmiko klaim capres-cawapres saling bantu di debat rugikan Prabowo-Gibran

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Politikus Budiman Sudjatmiko. Budiman Sudjatmiko klaim capres-cawapres saling bantu di debat rugikan Prabowo-Gibran
Foto: Republika/Thoudy Badai
Politikus Budiman Sudjatmiko. Budiman Sudjatmiko klaim capres-cawapres saling bantu di debat rugikan Prabowo-Gibran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, menyebut pihaknya merasa dirugikan atas keputusan KPU RI yang memperbolehkan capres dan cawapres saling bantu menjawab pertanyaan saat debat Pilpres 2024. Sebab, TKN sudah mempersiapkan Prabowo dan Gibran untuk debat sendiri-sendiri.

"Bisa saling bantu itu merugikan karena kita sudah siapkan Mas Gibran, kita sudah siapkan Pak Prabowo untuk sendiri-sendiri. Nanti kalau saling bantu malah jadi sia-sia dong kita udah siapkan mereka," kata Budiman kepada wartawan di Media Center TKN, Jakarta Selatan, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga

Kendati begitu, Budiman menyebut pihaknya menerima format debat yang telah diputuskan KPU RI itu. Pihaknya juga sudah siap menyongsong debat dengan format berdampingan tersebut.

Dia menambahkan, Gibran juga siap menghadapi debat karena sudah pernah berdebat ketika maju sebagai calon wali kota Solo. Gibran hanya perlu mempelajari beberapa isu baru yang berskala nasional.

"Saya pikir isu-isu yang baru itu beliau pelajari, tadi kalau mental debat pernah beliau alami sebagai calon wali kota waktu itu, tidak ada masalah," kata anggota Dewan Pakar TKN itu.

Kemarin, KPU memutuskan bahwa lima kali debat Pilpres 2024 terdiri atas tiga kali debat antarcapres dan dua kali antarcawapres. Dalam setiap gelaran debat, capres dan cawapres sama-sama berada di atas panggung dan duduk bersebelahan.

Kendati begitu, yang boleh berdebat atau berbicara hanya capres dalam debat antarcapres dan cawapres dalam debat antar cawapres. Pendamping hanya boleh memberikan bantuan berupa masukan kepada pasangannya untuk menjawab pertanyaan dari moderator atau lawan debat.

Format debat Pilpres 2024 itu jelas berbeda dengan format debat pilpres sebelumnya. Pada Pilpres 2019, misalnya, terdapat satu kali debat khusus antarcawapres. Disebut khusus karena memang benar-benar hanya cawapres berada di panggung debat, tak ada pendamping sama sekali.

Debat perdana Pilpres 2024 akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2024). Debat pertama mengusung tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat perdana akan menjadi panggung adu gagasan bagi Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Namun, KPU belum memutuskan siapa moderator debat tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement