Ahad 10 Dec 2023 15:41 WIB

Relawan Prabowo-Gibran Gelar Lomba Desain Gemoy Berhadiah Rp 150 Juta

Competition Gemoy Bocil Bobby The Cat boleh diikuti seniman yang di luar negeri.

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra
Baliho gemoy pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terpasang di Jalan Magelang, Yogyakarta, Senin (4/12/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Baliho gemoy pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terpasang di Jalan Magelang, Yogyakarta, Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan GatotKaca Nasional yang mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menggelar kompetisi desain 'Gemoy, Bocil dan Bobby The Cat'. Wakil Komandan Golf Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Indra Simarta, mengatakan, lomba tersebut diadakan untuk memberi kesempatan para seniman bisa berkarya.

"Ini adalah inisiatif yang sangat positif dan kreatif. Design Competition Gemoy Bocil Bobby The Cat tidak hanya memberikan peluang kepada para seniman di Indonesia, tetapi juga membuka pintu bagi mereka yang berada di luar negeri untuk berpartisipasi," kata Indra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (9/12/2023).

Adapun pendaftaran dibuka sejak 8 Desember 2023 dan pengumpulan terakhir karya pada 2 Januari 2024. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 22 Januari 2024. Indra menjelaskan, ada makna khusus pada angka 8 dan 2 dalam kompetisi tersebut.

Adapun angka 8 menunjukkan Prabowo yang akan menjadi presiden ke-8. Sementara itu, total hadiah yang diperebutkan, yakni mencapai Rp 150 juta. Hadiah yang diberikan menggunakan nominal unik, yaitu Rp 82.222.222, Rp 28.222.222, dan Rp 22.822.222.

Sedangkan pemenang favorit juga akan diberikan hadiah sebesar Rp 2.222.222.

"Secara keseluruhan, penggunaan angka-angka unik dalam timeline dan hadiah pada design competition ini memberikan nilai tambah pada acara tersebut, tidak hanya sebagai sebuah kontes desain, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan," kata Indra.

Dia berharap, perlombaan itu bisa dimanfaatkan para seniman untuk beradaptasi dengan teknologi terkini. Sehingga, ke depannya dapat mencapai target Indonesia Emas di era 5.0 dengan menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan (AI).

"Beradaptasi dengan teknologi ini akan membuka peluang baru, memperluas kreativitas, dan mendukung pencapaian prestasi yang lebih tinggi. Semoga Design Competition Gemoy Bocil Bobby The Cat menjadi langkah awal untuk merangkul perubahan ini dan mendorong kolaborasi antara seniman dan teknologi AI," ujar Indra.

Sementara itu, aktor Fauzi Baadilla, pengusaha muda David Herson dan Puti Annisa, seniman Ade Habibie, serta design director Sasongko Dewantoro ditunjuk menjadi juri lomba. Adapun syarat yang harus dipenuhi peserta lomba adalah mengikuti akun Instagram @gatotkacaprwbowo_ dan Tiktok @gatotkaca_forprabowo.

Kemudian, mengunggah di Instagram Story dan Feed Instagram, serta tag akun @gatotkacaprabowo_, akun tidak boleh terkunci atau private, dan menggunakan hashtag #gemoybocilbobby, #gatotkaca02 dan #prabowogibran02.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement