Senin 11 Dec 2023 11:49 WIB

Elektabilitas Anies-Imin Mulai Menyalip Ganjar-Mahfud

Elektabilitas Prabowo-Gibran masih berada di peringkat pertama.

Rep: Fauziah Mursid/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mulai menyalip Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal itu terekam dari survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas terbaru. 

Dari survei tersebut menunjukkan bahwa pasangan Anies Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar memperoleh 16,7 persen suara responden. Sementara pasangan 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebesar 15,3 persen. 

Baca Juga

Adapun urutan pertama masih unggul Prabowo Gibran 39,3 persen. Namun, yang menarik mereka yang belum menentukan pilihan cukup besar, yakni 28,7 persen. Artinya, suara bimbang atau belum mau mengungkap pilihannya masih sangat tinggi dan bisa mengubah permain. 

Sebelumnya, elektabilitas pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD berdasarkan survei terbaru Populi Center pada periode 28 November 2023-5 Desember 2023 juga memperoleh angka 21,7 persen atau turun dibandingkan survei November kemarin sekitar 23 persen. 

Hasil ini menempatkan pasangan nomor urut 3 ini berimbang dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang juga turun dengan perolehan 21,7 persen dibandingkan sebelumnya 22,3 persen.

"Ada penurunan sedikit dukungan untuk Ganjar-Mahfud, sebenernya stagnasi kalau secara statistik," ujar Manajer Riset/Peneliti Populi Center Dimas Ramadhan dalam paparan survei nasional ”Dinamika Politik Jelang Debat Kandidat” pada Senin (11/12/2023).

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement