Senin 11 Dec 2023 15:23 WIB

Unggul di Sejumlah Survei, Kubu Prabowo-Gibran Optimistis Bisa Menang Satu Putaran

Narasi positif saat kampanye menjadi salah satu keunggulan Prabowo-Gibran.

Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Koordinator Relawan Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE), Anthony Leong yakin Pilpres 2024 berpotensi satu putaran.
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Koordinator Relawan Prabowo-Gibran Digital Team (PRIDE), Anthony Leong yakin Pilpres 2024 berpotensi satu putaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Digital Team (PRIDE), Anthony Leong yakin Pilpres 2024 berpotensi berlangsung satu putaran. Keyakinan itu datang dengan melihat tingkat elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presidebn (cawapres) Prabowo-Gibran terus meningkat, berdasarkan survei Indo Barometer.

Ia menyebut, ada beberapa faktor yang membuat Prabowo-Gibran bisa mengalahkan kompetitornya dengan satu putaran alias dengan satu kali gebrakan saja. Anggota Direktorat Strategi Media Tim Kampanye Nasional (TKN) itu mengatakan Prabowo memiliki keunggulan dalam sisi pengenalan dari masyarakat.

Selain itu, kata dia, sosok muda Gibran juga menjadi faktor para pemilih muda melirik Prabowo-Gibran. "Kerja pak Prabowo sudah terlihat nyata selama di pemerintahan Pak Jokowi sebagai Menteri Pertahanan. Sebagai ketum partai yang telah melahirkan banyak pemimpin baru di seluruh Indonesia. Sosok Mas Gibran juga membuat para pemilih muda mantapkan hati mendukung karena juga program anak muda seperti Kartu Modal Usaha Startup itu memikat hati karena program yang melahirkan pengusaha baru dan lapangan pekerjaan," kata Anthony pada keterangannya (10/12/2023).

Dikutip dari survei Indo Barometer pada 25-31 Oktober 2023, Prabowo memiliki tingkat pengenalan tertinggi sebesar 98,4 persen, Ganjar Pranowo 84 persen, Anies Baswedan 92,6 persen. Sedangkan tingkat kesuksesan Prabowo juga masih terasa dengan angka 75 persen, Ganjar Pranowo 69,4 persen, dan Anies Baswedan 65,1 persen.

Survei tersebut digelar dengan jumlah sampel sebanyak 1.230 responden dengan margin of error sebesar +2,79 persen pada tingkat kepercataan 95 persen dan menggunakan metode penarikan sampel adalah multistatege randon sampling. Dalam survei terbaru dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil simulasi 3 pasangan capres-cawapres 2024. Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lain.

Survei dilakukan pada 23 November hingga 1 Desember 2023 terhadap 5.380 responden. Survei dilakukan melalui survei tatap muka.

photo
Koordinator Relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Digital Team (PRIDE), Anthony Leong. - (Dok PRIDE.)

Lebih jauh Anthony menyebut Prabowo dikenal sebagai sosok yang tegas dan berani. Ini yang mendasari alasan masyarakat memilih Prabowo karena atas dasar keinginan presiden yang tegas dan berani.

"Banyak dari masyarakat yang menginginkan pemimpin tegas, berani tapi dekat dengan anak muda. Terbukti saat ini banyak narasi gemoy, santun ataupun santuy itu secara organik datang dari masyarakat. Tren dari anak muda itu tidak akan muncul apabila Prabowo-Gibran tidak disukai oleh publik," ucap Wakil Sekretaris Umum Paguyubang Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) itu.

Karenanya, PRIDE optimistis bisa memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran langsung. Narasi positif saat kampanye dan 'menjual' ide gagasan dan program kerja nyata menjadi salah satu keunggulan pasangan Prabowo-Gibran.

"Kita optimitis bisa menang satu putaran. Seperti yang dilihat, kita tidak ada menyerang pasangan calon lain dalam kampanye ini dan fokus menjual ide gagasan kerja. Itu fokus kita semua," tutup Wakil Sekretaris Jendral Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement