Senin 11 Dec 2023 18:58 WIB

Soal Kasus Wadas, Ini Pembelaan TPN Ganjar-Mahfud

Soal kasus Wadas, TPN sebut Ganjar hanya membantu program pemerintah pusat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Andi Widjajanto. Soal kasus Wadas, TPN sebut Ganjar hanya membantu program pemerintah pusat.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Andi Widjajanto. Soal kasus Wadas, TPN sebut Ganjar hanya membantu program pemerintah pusat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Andi Widjajanto menanggapi persoalan warga Wadas, Jawa Tengah yang dikaitkan dengan tema hak asasi manusia (HAM) dalam debat besok. Jelasnya, Ganjar dalam kapasitasnya sebagai gubernur Jawa Tengah adalah membantu proyek pemerintah pusat.

"Kami perhatikan di Mas Ganjar sebagai gubernur, Mas Ganjar membantu pemerintah pusat untuk melakukan proyek-proyek infrastruktur utama di pusat, termasuk di Wadas," ujar Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Baca Juga

Jika ada persoalan HAM di Wadas, Ganjar sebagai gubernur memastikan pemulihan hak korban. Menurutnya, itu menjadi salah satu prioritas Ganjar selama menjabat sebagai gubernur.

"Teman-teman bisa langsung cek ke Wadas bagaimana pemulihan hak korban di Wadas itu benar-benar menjadi prioritas dan sudah berhasil dijalankan Mas Ganjar dan Pemprov Jateng," ujar Andi.

Terkait debat besok, TPN sudah mempersiapkan Ganjar dan Mahfud sesuai dengan tema, yakni hukum, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, dan penguatan pelayanan publik.

Pasangan nomor urut 3 itu telah melakukan persiapan debat sejak 9 Desember 2023. Ganjar berkomunikasi dengan pihaknya setelah berkeliling di wilayah Indonesia timur.

Sedangkan Mahfud sudah menemui pemimpin redaksi media untuk membahas sejumlah isu strategis yang saat ini dibicarakan oleh media massa. Khususnya yang berkaitan dengan tema debat pada 12 Desember besok, yakni hukum, pemerintahan, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, dan penguatan pelayanan publik.

"Kedua kandidat kami sudah saling mengisi tentang isu-isu debat satu, misalnya sudah berbicara tentang kemunduran demokrasi, sudah berbicara tentang pemberantasan korupsi, sudah juga berbicara hal-hal yang terkait dengan terobosan-terobosan demokrasi yang ada di era digital dan seterusnya," ujar Andi.

Malam ini, Ganjar dan Mahfud akan melakukan persiapan terakhir jelang debat pertama yang akan dilaksanakan di halaman Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta. Termasuk menyesuaikan dengan visi dan misi pasangan nomor urut 3 itu.

"Kami sudah menyiapkan narasi utama tentang debat satu disesuaikan dengan visi-misi, terutama temuan-temuan lapangan yang langsung didapatkan Mas Ganjar selama menjalankan kampanye," ujar mantan gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement