Selasa 12 Dec 2023 19:50 WIB

Ketua BEM UI: Kondisi Hukum dan HAM Harus Dijawab di Debat Capres

Ketua BEM UI minta kondisi hukum dan HAM harus dijawab dalam acara debat capres.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Tiga pasangan capres-cawapres jelang gelaran debat perdana antarcapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Ketua BEM UI minta kondisi hukum dan HAM harus dijawab dalam acara debat.
Foto: Dok. Republika
Tiga pasangan capres-cawapres jelang gelaran debat perdana antarcapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Ketua BEM UI minta kondisi hukum dan HAM harus dijawab dalam acara debat.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan debat capres Pemilu 2024 yang digelar malam ini harus menjadi momen untuk menjelaskan berbagai gagasan-gagasan besar dari para calon pemimpin tersebut. Bukan sekadar menjadi panggung orasi formal, bahkan pertunjukan gimik.

“Semoga debat hari ini nggak sekadar jadi momen orasi politik formalistik, jangan normatif! Kita tidak perlu sekadar retorika dan lempar-lemparan gimik tidak penting,” jelas Melki Sadel Huang kepada Republika.co.id, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga

Menurutnya, para calon pemimpin itu harus bisa memberikan program-programnya untuk bangsa kelak jika terpilih. “Kita butuh gagasan hebat yang bisa diejawantahkan lewat program-program dan harus disampaikan dengan baik di debat kali ini,” katanya.

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH UI) ini juga menyebut kondisi hukum dan HAM di Indonesia kini telah bobrok. Sehingga para calon pemimpin ini harus menjelaskan berbagai gagasannya untuk menyelesaikan permasalahan-permasalah dalam isu tersebut.

 

“Kondisi hukum, HAM, dan demokrasi yang hari ini bobrok harus dijawab dengan pembaharuan penting dari tiap capres di debat kali ini,” ujarnya.

Tema debat capres perdana kali ini, ditetapkan terkait pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Dikutip dari Republika.co.id, Selasa (12/12/2023), dalam debat perdana calon presiden 2024 akan ada 18 pertanyaan yang disiapkan tim panelis untuk para kandidat. Sebanyak 18 pertanyaan itu akan dibagi dalam 6 segmen dan diajukan secara acak kepada masing-masing capres.

"Jadi, satu segmen ada tiga pertanyaan. Kemudian masing masing calon, masing masing peserta debat capres itu nanti sebelum memasuki perdebatan mengambil dulu secara acak akan dapat pertanyaan yang mana, itulah yang akan disampaikan oleh moderator," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement