Selasa 12 Dec 2023 20:14 WIB

Dalam Debat, Prabowo: Kita tidak Boleh Munafik

Dalam debat, capres Prabowo Subianto meminta kita tidak boleh munafik.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto. Dalam debat, capres Prabowo Subianto meminta kita tidak boleh munafik.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto. Dalam debat, capres Prabowo Subianto meminta kita tidak boleh munafik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyebut kondisi Indonesia saat ini jauh lebih baik dibandingkan negara-negara lain di tengah situasi global. Menurutnya, di tengah konflik geo politik dan krisis pangan dunia, Indonesia masih dalam keadaan aman dan damai.

Hal ini disampaikan Prabowo saat menyampaikan paparan visi dan misi di Debat Capres 2024 perdana di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga

"Kita paham, kita mengerti masih banyak kekurangan tetapi kita harus bersykur di tengah dunia penuh tantangan ketidakpastian di mana terjadi perang di mana-mana, negara negara begitu banyak terjadi perang saudara, kerusuhan, Indonesia masih aman, Indonesia masih damai, Indonesia masih masih terkendali, harga harga masih terkendali, ekonomi untuk rakyat masih aman," ujar Prabowo.

Prabowo mengatakan, kondisi ini tidak lepas dari kepemimpinan dan manajemen pemerintahan yang berhasil. Karena itu, Prabowo dan pasangannya akan melanjutkan keberhasilan itu dengan terus memperbaiki kondisi Indonesia ke depan. Sebab, ia menyadari masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.

"Apakah di tengah 287 juta rakyat masak tidak ada kekurangan? tetapi kita harus arif, kita harus dewasa, kita tidak boleh munafik. Pemimpin itu harus memberi contoh saudara-saudara sekalian. Prabowo Gibran kita akan perbaiki apa yang harus diperbaiki, kita akan tegakkan apa yang perlu ditegakkan dan kita bertekad memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya memberantas korupsi sampaii ke akarnya," ujar Prabowo.

Prabowo menyebut program yang diusungnya bersama Gibran memiliki tujuan dan program yang baik untuk kebaikan rakyat. Karena itu, Prabowo menyebut butuh persatuan dan kesatuan seluruh rakyat Indonesia.

"Kita tidak perlu saling menghasut, saling mencela saling menghina. Demi rakyat kita yang kita cintai, kita butuh kesejukan ketenangan kerukunan kita negara majemuk. Kita negara ratusan kelompok etnis, berbagai agama besar, pemimpin harus sejuk pemimpin harus dewasa," ujarnya.

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki visi dan delapan misi yang disebut Asta Cita.

Pada debat perdana antarcapres ini mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Cawapres dari masing-masing capres ini ikut hadir sebagai pendamping, tetapi tak boleh ikut berbicara.

Debat perdana kali ini bertema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat terdiri atas enam segmen dan durasi 120 menit ini, diawali dengan pemaparan visi-misi paslon sesuai tema. Selanjutnya, segmen kedua hingga kelima merupakan sesi pendalaman visi-misi, program kerja, menjawab pertanyaan panelis yang disampaikan moderator, tanggapan capres lain, dan tanggapan balik. Kemudian segmen keenam sebagai sesi pernyataan penutup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement