Rabu 13 Dec 2023 18:21 WIB

Waketum Nasdem Soal Debat Perdana Capres: Anies Replikasi Keinginan Rakyat

Gaya Anies saat debat yang cukup panas dinilai tetap santun.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
capres no urut 1 Anies Baswedan pada sesi debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.  Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Foto: Republika/Thoudy Badai
capres no urut 1 Anies Baswedan pada sesi debat perdana Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik. Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan keberjalanan debat perdana capres pada Selasa (12/12/2023) malam menjadi "panggungnya" AMIN. Menurut dia, Anies dinilai tampil maksimal sebagai representasi suara rakyat.

 

Baca Juga

"Kalau tidak berlebihan, saya  mengatakan bahwa panggung debat semalam itu adalah panggungnya Mas Anies dan Cak Imin. Karena kenapa? Dari beberapa pernyataan-pernyataan, dari beberapa statement, dari beberapa, narasi yang dibangun itu semuanya merepresentasikan kehendak masyarakat," kata Ali kepada wartawan saat mendampingi Anies melakukan kampanye di wilayah Pekanbaru, Riau, Rabu (13/12/2023).

 

Ali menuturkan, secara keseluruhan, Timnas AMIN memang percaya diri dalam menghadapi debat capres kemarin. Ali sebagai Head Coach Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN' yang ditunjuk mengatur strategi pemenangan tim mengaku tidak ada keraguan dalam hal itu.

 

"Karena saya mengenal Mas Anies. Mas Anies ini sejak 2004 udah terlibat sebagai salah satu tim perumus debat, kemudian jadi tim ahli dan macam-macam. Kita secara keseluruhan pasti lihat tidak meragukan dan apa yang saya prediksi terbukti seperti apa yang kita saksikan tadi malam," tuturnya.

 

Menurut Ali, dalam isi materi dalam debat yang disampaikan oleh Anies, terpancar kejujuran dan keberanian dari eks gubernur DKI Jakarta tersebut. Hal itu menguatkan masyarakat bahwa yang disampaikan Anies memang menjadi perwakilan isi hati rakyat.

 

"Di sana ada kejujuran, keberanian, dan ketulusan untuk menyampaikan apa yang sudah terjadi hari ini di masyarakat. Sehingga saya katakan bahwa semalam Anies tampil replikasikan keinginan masyarakat Indonesia," ujar dia.

 

Ali pun meyakini debat perdana capres itu mendapatkan respons dan atensi yang positif dari masyarakat. Terlebih gaya Anies saat debat yang cukup panas itu dinilai tetap santun.

 

"Masyarakat bisa membandingkan antara satu kandidat dengan yang lain. Dari ketajaman perdebatan itu Mas Anies tidak mengurangi sedikitpun rasa santunnya dia, karakter dia sebagai orang yang santun, orang yang terpelajar, sedikitpun tidak berkurang dengan perdebatan yang agak-agak memanas tadi malam tersebut," kata dia.

 

Sebelumnya, Anies hadir bersama dengan dua capres lainnya, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, lengkap dengan para cawapres masing-masing di Gedung KPU. Debat perdana itu mengangkat tema pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

 

Debat terdiri atas enam segmen, empat di antaranya merupakan ruang bagi capres untuk saling sanggah. Enam segmen debat akan berlangsung selama 120 menit dan ditambah durasi iklan selama 30 menit.

 

Anies menyinggung banyak hal dalam debatnya. Seperti fenomena orang dalam (ordal), indeks demokrasi yang menurun, etika pejabat lembaga antirasuah, dan pelanggaran HAM. Beberapa kali Anies mendebat capres lainnya dengan cukup keras, terutama kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement