Rabu 20 Dec 2023 20:08 WIB

JK Dukung Anies-Muhaimin, Budiman Sudjatmiko: Tidak Banyak Berpengaruh

Menurut Budiman, dukungan JK ke pasangan AMIN tidak akan banyak berpengaruh.

Anggota Dewan Pakar sekaligus Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko.
Foto: Republika/Febryan A
Anggota Dewan Pakar sekaligus Direktur Juru Debat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan dukungan dari mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024. Diketahui, JK adalah politikus Golkar, yang notabene adalah parpol pendukung Prabowo-Gibran.

"Menurut saya sah-sah saja, tapi itu (dukungan JK ke AMIN) tidak banyak berpengaruh," kata dia saat jumpa pers usai menghadiri Konsolidasi Nasional Relawan Prabowo-Gibran Digital Team di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga

Budiman menjelaskan bahwa JK mempunyai hak demokrasi untuk mendukung siapapun dalam setiap kontestasi politik. "Saya kira kita negara demokrasi Pak JK punya hak demokrasi untuk memberikan dukungan pada siapa pun," ujarnya.

Sebelumnya, Jusuf Kalla menegaskan sikap politiknya mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024. Pernyataan itu disampaikan JK saat menghadiri acara silaturahim Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN di Gedung Islamic Center IMM, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/12/2023).

"Jadi, malam ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap (dukung AMIN). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," kata JK.

Dalam kesempatan itu, JK bercerita bahwa Anies Baswedan adalah murid politiknya. Selama ini JK banyak memberikan masukan kepada Anies terkait permasalahan bangsa. Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu eksekutif 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian penetapan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement