Kamis 21 Dec 2023 03:38 WIB

PP Muhammadiyah Kecam Klaim Tim Amin yang Sebut PTMA Siap Kawal Suara Pilpres

Sikap Muhammadiyah sesuai Rapat Konsolidasi akan netral pada Pemilu 2024

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Prof. Dr. Irwan Akib dan Prof Abdul Mu
Foto: Dok. Prof Abdul Mu'ti
Prof. Dr. Irwan Akib dan Prof Abdul Mu

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Pendidikan, Seni, Budaya dan Olah Raga, Irwan Akib, membantah klaim Tim Sukses Pasangan Capres Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Tamsil Linrung, yang menyebutkan 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) akan menjadi saksi untuk mengawal suara pasangan tertentu dalam Pemilihan Presiden 2024. 

Irwan menegaskan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) merupakan amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah sehingga kebijakan PTMA harus sejalan dengan Muhammadiyah, termasuk masalah politik praktis. 

Sikap Muhammadiyah, kata Irwan, telah ditegaskan dalam Rapat Konsolidasi Nasional pada bulan November 2023 lalu di Yogyakarta, bahwa Muhammadiyah akan tetap netral dalam Pemilu 2024 dan tidak mendukung partai politik atau pasangan capres-cawapres tertentu. 

“Sebagai Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi pendidikan, kami tegaskan PTMA tidak terlibat urusan politik praktis dan tidak memiliki tautan dengan timses manapun, apalagi sampai digerakkan pihak lain untuk menjadi pelaksana kegiatan tertentu," kata Irwan, melalui siaran pers yang diterima Republika, Rabu (20/12/2023).

Irwan menegaskan bila ada yang mengklaim akan menggerakkan PTMA untuk kegiatan tertentu seperti menjadi saksi paslon tertentu, sudah pasti tidak benar. Sebelumnya Asisten Pelatih Tm Pemenangan Nasional (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Tamsil Linrung, mengatakan akan mengerahkan warga Kampus Muhammadiyah untuk mengawal pasangan Anies-Muhaimin.

Tamsil mencatat ada 172 Kampus Universitas Muhammadiyah (UM) yang akan terlibat mengawal suara pasangan capres-cawapres nomor urut 01.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement