Kamis 21 Dec 2023 06:30 WIB

Pengamat: Anies Jadi Capres karena Endorse JK ke Surya Paloh

JK dan Paloh dinilai sebagai dua sahabat dekat dan sama-sama besar di Golkar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas, Asrinaldi, mengatakan mantan wapres Jusuf Kalla (JK), merupakan salah satu orang di balik layar yang membuat Anies Baswedan, ikut dalam kontestasi Pilpres 2024. Menurut Asrinaldi, endorsement dari JK kepada sahabat lamanya, Surya Paloh punya andil besar sehingga dengan berbagai rintangan, Anies berhasil melaju sebagai capres dan berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

“Selama ini kita tahu kalau Pak JK lah yang meng-endorse Anies ke Surya Paloh. Karena antara JK dan Surya Paloh adalah dua sahabat yang sangat dekat sejak keduanya sama-sama dibesarkan di Partai Golkar,” kata Asrinaldi, kepada Republika.co.id, Rabu (20/12/2023).

 

Sehingga kepastian JK mendukung Anies, menurut Asrinaldi, adalah hal yang sudah ditebak sejak lama.  Asrinaldi menilai dukungan dari JK tentu akan berpengaruh terhadap kekuatan Amin.

 

Meski begitu, ia meragukan hadirnya JK sebagai pendukung akan membuat elektabilitas Amin naik secara signifikan. Karena untuk meningkatkan elektabilitas tidak semudah membalikkan telapak tangan.

 

“Tapi setidaknya kehadiran Pak JK sangat bermanfaat sebagai pengarah tim Amin. Bagaimanapun juga, Pak JK adalah bapak bangsa dan negarawan yang punya pengalaman panjan dalam dunia politik,” ucap Asrinaldi.

 

Lalu lanjut Asrinaldi, JK juga memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak. Kemudian sosoknya sebagai bapak bangsa banyak sedikit akan jadi pertimbangan bagi masyarakat untuk memilih calon yang juga dipilih JK.

 

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla menegaskan sikap politiknya mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan tagline AMIN di Pemilihan Umum Presiden 2024. JK pun berharap dukungannya ke AMIN bermanfaat. 

 

“Jadi hari ini, di Makassar ini, saya menyampaikan sikap (dukung AMIN). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," papar Jusuf Kalla saat menghadiri acara silaturahim digelar Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan AMIN, di Gedung Islamic Centre IMIM, Makassar, Selasa malam. 

 

Dalam kesempatannya itu, pria akrab disapa JK, bercerita bahwa Anies Baswedan boleh dikatakan adalah murid politiknya. Selama ini. ia banyak memberikan masukan terkait permasalahan bangsa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement