Jumat 22 Dec 2023 12:49 WIB

Debat Cawapres, Mahfud MD akan Paparkan Pembangunan Ekonomi Indonesia

Mahfud MD akan paparkan semangat no one left behind.

Cawapres Mahfud MD
Foto: dok tpn ganjar mahfud
Cawapres Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cawapres Mahfud MD akan tampil dalam debat pada Jumat (22/12/2023). Dia akan berdampingan dengan cawapres lainnya, yaitu Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka, yang juga akan memaparkan pemikiran dan optimisme membangun Indonesia 

Dalam pembangunan infrastruktur, paslon Capres-Cawapres Ganjar dan Mahfud MD bakal mengedepankan prinsip "no one left behind" (tidak ada seorang pun yang tertinggal). Idealnya proyek infrastruktur berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerataan sosial, utamanya bagi warga di sekitar lokasi proyek, yang pada umumnya adalah pelaku UMKM.

Baca Juga

UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. UMKM juga dipercaya memiliki ketahanan ekonomi  tinggi sehingga dapat menjadi penopang ketika tren kesejahteraan menurun. Namun demikian, pengembangan UMKM masih menghadapi berbagai kendala, salah satunya dari sisi akses infrastruktur.

"Dukungan dari infrastruktur dan kelembagaan turut memberikan dampak bagi pembentukan ekosistem UMKM yang optimal,” kata wakil ketua TPN Ammarsjah Purba (Ammar) dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (22/12/2023).

“Kesejahteraan itu haruslah bagi semua. Ini catatan, pembangunan infrastruktur harus mempertimbangkan aspek kemanusiaan, yakni memprioritaskan keberlanjutan kehidupan warga yang terkena dampak langsung dari proyek infrastruktur. Fakta yang kita lihat hari ini, jalan tol memberi kemudahan pada kelas menengah perkotaan yang memiliki mobil, namun meninggalkan sekelompok masyarakat lain di sekitar lokasi, itu jangan sampai terjadi” jelas Ammar.

Memang masih ada pedagang makanan yang sedikit beruntung,  bila kios atau lapaknya  berdekatan pintu keluar-masuk tol, atau yang bisa memperoleh tempat di rest area. Namun tidak semua pelaku UMKM sanggup membayar biaya sewa di rest area. Ini juga persoalan yang harus dicarikan solusi, karena menyangkut nafkah untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari anggota keluarga.

“Saat debat cawapres jumat malam (22 Desember 2023), Prof Mahfud MD akan kembali mengingatkan, bahwa  salah satu cara yang dapat mendukung kegiatan UMKM yaitu dengan tersedianya infrastruktur yang memadai. Kebijakan penyediaan infrastruktur publik merupakan implementasi dari amanat UUD 1945 terkait kewajiban negara untuk memberikan pelayanan umum yang layak. Pelayanan umum yang dihasilkan dari penyediaan infrastruktur ditujukan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat,” tegas Ammar.

Ammarsjah selaku Wakil Ketua TPN tentu paham, bahwa pembangunan infrastruktur butuh investasi. Skema yang bakal ditawarkan paslon Ganjar-Mahfud MD adalah mendorong keterlibatan pihak swasta, mengingat ada keterbatasan APBN dan APBD dalam pendanaan proyek infrastruktur. “Nanti saat debat cawapres, Prof Mahfud juga akan menekankan, penyediaaan infrastruktur harus memenuhi kriteria kelayakan ekonomi, bahwa manfaat yang diterima oleh masyarakat dari proyek tersebut lebih besar dibandingkan dengan biaya yang ditanggung masyarakat untuk proyek tersebut,” jelas Ammar.

Sembari mengundang publik untuk menyaksikan debat cawapres besok malam (22 Desember), Ammar masih sempat mengingatkan tentang arti penting infrastruktur Penerangan Jalan Umum (PJU)  yang memberikan  manfaat bagi UMKM, selain memberikan rasa aman bagi masyarakat umum saat beraktivitas pada malam hari. Diharapkan dengan adanya penyediaan infrastruktur PJU, dapat membantu mengintegrasikan kegiatan jual beli dan pendistribusian logistik, mengingat banyak juga UMKM yang mulai distribusi produk pada malam hari.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement