Jumat 22 Dec 2023 13:27 WIB

Debat Tema Ekonomi, Gibran Diyakini Bisa Ungguli Imin dan Mahfud

Opid yakin, Gibran bisa memaparkan tantangan yang dihadapi generasi muda.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka siap mengikuti debat perdana cawapres di Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam WIB..
Foto: Republika/Alfian choir
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka siap mengikuti debat perdana cawapres di Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam WIB..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas), salah satu organisasi relawan pendukung pasangan Prabowo-Gibran, meyakini Gibran Rakabuming Raka bisa mengungguli Abdul Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD dalam debat cawapres dengan tema ekonomi nanti malam. Sebab, Repnas menilai hanya Gibran yang punya pengalaman.

"Di mata Repnas, hanya Gibran yang memiliki pengalaman debat pada saat kontestasi Pilkada (Kota Solo). Latar belakang sebagai pengusaha menjadikannya paham betul terhadap persoalan ekonomi dan siap memberikan solusi konkret," kata Wakil Ketua Umum DPP Repdem, Opid Adisuryo lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Opid yakin, Gibran bisa memaparkan tantangan yang dihadapi generasi muda dalam merintis usaha sekaligus menawarkan solusi kebijakan. Keyakinan itu muncul karena Gibran sudah berpengalaman sebagai pengusaha sebelum menjadi wali kota Solo.

Adapun Muhaimin dan Mahfud, kata Opid, tak punya latar belakang pengusaha. Keduanya juga tak punya pengalaman mengikuti debat terbuka karena belum pernah ikut pemilihan kepala daerah ataupun pilpres sebelumnya.

Muhaimin alias Cak Imin diketahui kini menjabat sebagai wakil ketua DPR RI dan pernah menduduki posisi menteri tenaga kerja dan transmigrasi (menakertrans). Sementara Mahfud MD adalah pakar hukum tata negara yang pernah menjabat sebagai ketua Mahkamah Konstitusi dan kini menduduki posisi menko polhukam.

"Kami yakin bahwa Gibran akan menjawab pandangan sebelah mata terhadap anak muda dan pengusaha dengan program yang konkrit serta memberikan solusi tepat guna," kata Opid.

Dia menambahkan, Gibran dengan pengalamannya tentu akan memberikan pemaparan ekonomi yang mudah dipahami oleh generasi muda. Repnas meyakini betul putra sulung Presiden Jokowi itu akan tampil memukau saat debat.

Debat perdana cawapres memang mengusung tema ekonomi. Termasuk di dalamnya isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, pajak, tata kelola APBN/APBD, investasi, perdagangan, infrastruktur, dan perkotaan.

Ajang adu gagasan itu akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (22/12/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Gelaran debat tersebut akan disiarkan secara langsung di TransTV, Trans7, CNN Indonesia TV, Kompas TV, dan BTV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement