Sabtu 23 Dec 2023 06:13 WIB

Anies Tanggapi Pertanyaan 'Sulit' Gibran untuk Cak Imin: Sah, Tapi tak Substansif

Anies menilai pertanyaan Gibran ke Muhaimin terminologi teknis.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersalaman dengan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersalaman dengan cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan mengomentari ihwal pertanyaan 'sulit' yang dilayangkan oleh cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar 'Cak Imin' saat debat cawapres, Jumat (22/12/2023) malam. Anies menilai pertanyaan Gibran tidak substantif. 

 "Menurut saya pertanyaan itu sah, tapi juga publik bisa menilai kualitas pertanyaannya adalah kualitas pertanyaan aspek technicality, bukan aspek substansi," kata Anies kepada wartawan usai agenda debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat. 

Baca Juga

Anies mengatakan bahwa pertanyaan yang diajukan oleh Gibran untuk Cak Imin dinilai bisa diperoleh dari 'mbah google'."Jadi ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis pada level ini bisa dijawab dengan google sebetulnya. Karena yang dibutuhkan ditingkatkan kepemimpinan nasional adalah hal-hal yang substantif dan ini yang sesungguhnya dibawa," tutur dia. 

Menurut Anies, mestinya kualitas pertanyaan orang sekaliber capres/cawapres bernilai dan mendalam. Bukan sekedar 'permukaan' saja.  "Padahal makin tinggi posisi, makin berfokus pada substansi. Dan ditingkatkan kepemimpinan itu pada tingkat substansi. Tapi sebagai pertanyaan tentu sah-sah saja dan publik nanti akan menilai apakah memang ini format cerdas-cermat untuk hafalan atau ini format tentang ideologi gagasan, nilai yang kemudian diwujudkan dalam kebijakan," jelasnya. 

Sebelumnya diketahui, dalam sesi saling lempar pertanyaan, cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka melemparkan pertanyaan kepada Cawapres 01 Muhaimin Iskandar.

"Karena Gus Muhaimin adalah Ketua Umum PKB, saya paham Gus paham ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia dalam SGIE?" kata Gibran di JCC, Jumat (22/12/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement