Selasa 26 Dec 2023 08:06 WIB

Ganjar Dorong Kemenangan di Jateng: Pertahankan Rumah Kita

Ganjar mendorong pendukungnya untuk mempertahankan rumah politik masing-masing.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan sambutan saat pertemuan dengan relawan se-Sragen di Ndayu Park, Sragen, Jawa Tengah, Ahad (24/12/2023). Sebanyak 1.200-an relawan siap untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud pada 20 kecamatan di Sragen dalam Pilpres 2024 Februari mendatang.
Foto: Republika/Prayogi
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan sambutan saat pertemuan dengan relawan se-Sragen di Ndayu Park, Sragen, Jawa Tengah, Ahad (24/12/2023). Sebanyak 1.200-an relawan siap untuk memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud pada 20 kecamatan di Sragen dalam Pilpres 2024 Februari mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menjadi pembina Apel Satgas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Sragen, Jawa Tengah. Dalam pidatonya, ia mendorong pendukungnya untuk mempertahankan rumah politik masing-masing.

Salah satunya adalah mempertahankan kemenangan di Jawa Tengah yang dianalogikannya sebagai mengunci kandang banteng. Dengan melibatkan empat partai politik pengusung Ganjar-Mahfud.

Baca Juga

"Bagaimana cara menguncinya? Pertahankan rumah kita, keluarga kita, rumah kita sudah pasti. Kandang banteng pertahankan bantengnya. PPP semuanya kunci, jangan sampai dikrikiti, dipitili. Ada tiba-tiba masuk, pelan-pelan, siji-siji hati-hati, termasuk Hanura dan Perindo," ujar Ganjar lewat keterangannya, Senin (25/12/2023).

Ia yakin pendukungnya di Jawa Tengah solid dan mampu memenuhi target kemenangan tersebut. Termasuk berkonsolidasi dengan simpatisan dan relawan pendukungnya, ditambah dengan empat partai politik pengusungnya.

"Partai pengusung dengan relawan mereka sudah kompak, bahkan ada beberapa di antaranya sudah membagi tempat ya. Sehingga masing-masing sudah ada targetnya," ujar Ganjar.

Konsolidasi yang baik antara partai politik pengusung, relawan, dan para calon anggota legislatif (caleg) merupakan faktor penting dalam mencapai kesuksesan kampanye. Tak lupa, ia mengingatkan tentang potensi intimidasi atau gangguan selama tahapan tersebut.

"Saya hanya ingin mengingatkan kepada kawan-kawan tentu saja, ini PR yang tidak mudah, maka penting bagi kita menjelaskan proses debat yang panjang itu kepada rakyat," ujar mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Sebelumnya, ia juga mengimbau Tim Pemenangan Daerah (TPD) di Jawa Tengah dalam memitigasi potensi kecurangan pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Sebab, pihaknya menargetkan kemenangan sebesar 70 persen di provinsi tersebut.

"Kalau dari kawan-kawan TPD ya, inginnya suara itu seperti kemenangan Pilpres 2019, kalau gak salah 70-an persen lah. Tapi kalau dihitung secara rasional mungkin 60-an persen," ujar Ganjar.

Ia sendiri optimistis bahwa target 70 persen suara untuk Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah dapat terwujud. Apalagi setelah dirinya melihat soliditas empat partai politik pengusungnya, simpatisan, dan relawan pasangan nomor urut 3 itu.

"Kader-kader partai dan relawan sudah bergerak semakin masif. Rasa-rasanya tanduknya keluar semua," ujar Ganjar.

photo
Laporan Dana Kampenye Pilpres 2024 - (infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement