Selasa 26 Dec 2023 21:42 WIB

Partai Buruh Klaim Didukung 1 Juta Buruh di Pemilu 2024

Jika bisa masuk parlemen, caleg Partai Buruh akan cabut UU Cipta Kerja.

Partai Buruh Provinsi Banten menggelar Konsolidasi Akbar bertajuk
Foto: dok partai buruh
Partai Buruh Provinsi Banten menggelar Konsolidasi Akbar bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Buruh Provinsi Banten menggelar Konsolidasi Akbar bertajuk 'Selangkah Lagi Buruh Berkuasa Rakyat Sejahtera' di Tangerang, Selasa (26/12/2023). Konsolidasi ini diklaim dihadiri sekitar seribu orang dari perwakilan serikat pekerja tingkat perusahaan kabupaten/kota dan provinsi di Banten. 

Presiden FSPMI yang juga Ketua Mahkamah Partai Buruh Riden Hatam Aziz mengeklaim, hampir 1 juta buruh mendukung dan memilih Partai Buruh dalam Pemilu 2024. "Selama ini buruh berjuang di parlemen jalanan bukan tidak menang tapi tidak adanya kekuatan secara politik untuk merubah kebijakan," ujarnya dalam keterangan, Selasa (26/12/2023).

Baca Juga

Riden menegaskan, jika partai buruh lolos ke Senayan, program prioritasnya adalah mengncabut omnibus law UU Cipta Kerja yang merugikan kaum buruh. Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengakui, partainya hampir bisa dipastikan lolos parliamentary threshold karena elektabilitas sudah tembus 4,78 persen berdasar survei Risetindo Barometer.

Selain meloloskan caleg-calegnya ke Senayan, Said Iqbal juga berkeyakinan, Partai Buruh bakal memiliki satu fraksi DPRD Provinsi Banten, termasuk juga memiliki fraksi di beberapa kabupaten/kota.

Ia menegaskan, keberadaan anggota legislatif dari Partai Buruh akan bersungguh-sungguh untuk membela hak buruh, petani, nelayan, dan elemen rakyat kecil yang lainnya. Bahkan perintah pertama Presiden Partai Buruh kepada anggota legislatif adalah cabut omnibus law UU Cipta Kerja.

Selain terkait pemenangan Partai Buruh, ada tiga isu yang disuarakan dalam konsolidasi ini. Pertama, Cabut SK Gubernur terkait upah minimum tahun 2024. Kedua, Cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja. Dan Ketiga, Stop Perang Israel Palestina-Wujudkan Perdamaian Permanen.

Ketua PSP SPN PT Nikomas Gemilang Suprihatin mengaku serikatnya beranggotakan kurang lebih 40 ribu pekerja. Ia menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan penuh terhadap Partai Buruh. Bahkan ada beberapa kader serikat dari perusahaan ini menjadi caleg dari Partai Buruh, dengan demikian, SPN akan bersungguh-sungguh dalam memberikan dukungan.

Begitu juga dengan Ketua PUK KSPSI PT Chingluh Victory, Agus Dasarna, menyampaikan bahwa Partai Buruh adalah jalan untuk mewujudkan kesejahteraan Partai Buruh. Sementara, dalam sambutannya, Ketua PUK FSPTSK KSPSI PT Panarub, Hendi menegaskan perubahan dimulai dari Partai Buruh. 

"Saya meyakini setiap yang hadir hari ini adalah yang memikirkan buruh bukan pada kepentingan sendiri. Sudah sepantasnya kita mewujudkan negara yang sejahtera. Jangan sampai partai ini ditunggangi oleh kepentingan lain," tegasnya.

Hal yang sama ditegaskan Ketua KC FSPMI Tangerang, Jumali. Jumali bahkan berkeyakinan, setidaknya di Provinsi Banten akan ada satu fraksi di DPRD Provinsi Banten. Termasuk dengan meloloskan tiga DPR RI dari Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement