Kamis 28 Dec 2023 16:02 WIB

Ganjar Pranowo Ungkap Investasi Terbaik adalah ke SDM

Andika Perkasa akan memberi latihan debat Ganjar Pranowo pada 2-3 Januari 2023.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Obyek Mata Air Cokro (OMAC) di Juragan Jero, Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Obyek Mata Air Cokro (OMAC) di Juragan Jero, Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu (27/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menaruh perhatian terhadap pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, SDM yang baik adalah modal penting negara untuk memanfaatkan momentum bonus demografi dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Maka mimpi besar bonus demografi yang saya katakan tadi, yuk kita dorong yuk. Tidak ada investasi terbaik kecuali sumber daya manusia," ujar Ganjar dalam acara sarasehan nasional alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2023).

Dia pun menyoroti anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Namun, Ganjar melihat, mayoritas anggaran tersebut belum sepenuhnya ditujukan kepada peningkatan akses dan kualitas pendidikan. "Kalau kita fokuskan, maka anak anak berbakat kita akan mendapatkan pendidikan the best," ujar Ganjar.

Di samping itu, ia menekankan, pentingnya kepastian hukum untuk menghadirkan investor. Sebab investasi yang hadir dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan menjadi tempat pengembangan SDM Indonesia.

"Musti kita genjot betul, improvementnya harus kita lakukan terus-menerus, tapi akselerasi cepat yang sat set tidak terjadi. Ini yang kita harapkan," ujar gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023 itu.

Sebelumnya, Ganjar meluncurkan program '1 Keluarga Miskin 1 Sarjana' di Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Program tersebut menjadi salah satu upayanya untuk mengentaskan kemiskinan jika terpilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Andika beri masukan Ganjar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement