Jumat 29 Dec 2023 19:13 WIB

LSI Denny JA: Mahfud Belum Berhasil Dongkrak Suara Ganjar, Trennya Turun

Elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran dan Anies-Muhaimin sama-sama naik.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Erik Purnama Putra
Cawapres nomor urut 3 sekaligus Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.
Foto: ANTARA/Rubby Jovan
Cawapres nomor urut 3 sekaligus Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan keputusan PDIP menggaet Mahfud MD untuk menjadi calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo, belum efektif untuk mendongkrak elektabilitas. Adjie menilai, Mahfud memang sosok yang memiliki banyak pengagum karena popularitasnya dalam penegakkan hukum.

Tetapi, menurut Adjie, pemilih Mahfud adalah masyarakat kelas menengah ke atas. Padahal, pemilih menengah ke atas  sudah lebih dulu memantapkan pilihannya kepada capres Anies Rasyid Baswedan.

Baca Juga

"Memang beliau (Mahfud MD) tokoh yang punya daya tarik, track record karena konsisten di bidang hukum. Tapi kelas  menengah ke atas sudah banyak diambil Anies. Mahfud hanya cawapres sementara Anies capres. Jadi masuknya Mahfud belum menunjukkan kontribusi positif kepada Ganjar," kata Adjie saat paparan survei di Jakarta, Jumat (29/12/2023).

Adjie menyebut, faktor lain yang membuat elektabilitas Ganjar-Mahfud melorot ke posisi buncit karena serangan yang dilakukan Ganjar dan PDIP kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sehingga sikap PDIP dan Ganjar kemudian jadi bumerang dan semakin memperkuat elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming yang konsisten tegak lurus terhadap pemerintahan Jokowi.

Berdasarkan angka survei LSI Denny JA terbaru yang dirilis pada Jumat, pasangan Prabowo-Gibran mengalami kenaikan suara dibandingkan angka survei yang dilakukan LSI Denny JA awal Desember 2023. Saat itu suara pasangan nomor urut 02 masih di angka 41,2 persen sekarang naik menjadi 43,3 persen.

Kemudian di periode yang sama, suara pasangan Anies-Muhaimin meningkat dari 23,8 persen naik menjadi 25,3 persen. Sedangkan pasangan Ganjar-Mahfud turun dari 26,8 persen menjadi 22,9 persen.

 

Ganjar-Mahfud bisa bangkit...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement