Ahad 31 Dec 2023 08:33 WIB

Ketua TPN Ungkap Hasil Survei Internal: Ganjar-Mahfud 37 Persen

Survei internal TPN, Prabowo-Gibran 41 persen dan Anies-Muhaimin hanya 21 persen.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid memaparkan hasil survei internal.
Foto: Republika.co.id
Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid memaparkan hasil survei internal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menghormati hasil survei yang dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dalam waktu berdekatan. Namun, pihaknya memiliki hasil survei internal yang berbeda.

Dia menjelaskan, survei di internal TPN Ganjar-Mahfud menggunakan metode triangulasi dengan melihat hasil survei, forum group discussion (FGD), dan analisis media. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 3 itu berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebsat 37 persen.

Baca Juga

"Kita di peringkat kedua dengan 37 persen. Sementara paslon lainnya di tingkat 41 (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka) dan 21 (Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar)," ujar Arsjad dalam acara '45 Hari Menuju Kemenangan Ganjar-Mahfud' di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023) malam WIB.

Pihaknya mengeklaim, survei internal lebih akurat dengan menggunakan metode triangulasi tersebut. Meskipun, Arsjad tetap mengingatkan, seluruh elemen pendukung Ganjar-Mahfud untuk bekerja lebih keras dan efektif.

Salah satunya adalah menargetkan masyarakat yang belum menentukan pilihannya (undecided voters). Sebab, perebutan suara masih sangatlah dinamis jelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Perubahan bisa terjadi dengan cepat. Mereka-mereka yang belum tersentuh harus segera kita sentuh, sentuh hatinya, kita isi pikirannya dengan siapa Ganjar-Mahfud apa gagasannya, dan bagaimana track record-nya," ujar Arsjad.

"Pada akhirnya, tujuan pertempuran ini adalah kemenangan rakyat, rakyat harus menang," kata ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) nonaktif itu menambahkan.

Dalam forum yang sama, capres Ganjar Pranowo juga menyinggung dua hasil survei yang dirilis pada waktu yang berdekatan. Meski tak menyebut nama lembaga surveinya, Ganjar menyinggung dua hasil yang berbeda terkait elektabilitas pasangan calon nomor urut 3.

"Maka ketika survei kemarin muncul, dua survei hampir bersamaan, dua-duanya hasilnya beda. Kami sudah paham siapa yang sudah berkelompok, kami paham bagaimana hasilnya. Kami paham bagaimana metode itu dilaksanakan, tapi kami juga paham bagaimana melawan itu (hasil survei)," ujar Ganjar.

Paham melawan survei...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement