Ahad 31 Dec 2023 10:02 WIB

Todung: Satu Relawan Ganjar-Mahfud di Klaten Meninggal Akibat Pendukung Paslon Lain

Empat relawan Ganjar dihajar di depan Markas Yonif 408/Raider Boyolali, Sabtu.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis (tengah).
Foto: Republika.co.id
Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menyebut, adanya satu relawan pendukung pasangan nomor urut 3 yang meninggal. Relawan tersebut meninggal karena mengalami kekerasan oleh pendukung pasangan calon lain di Klaten, Jawa Tengah pada 24 Desember 2023.

"Yang meninggal dunia ini adalah relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang diduga mengalami kekerasan dan brutalitas oleh oknum pasangan calon yang lain," ujar Todung di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2023) malam WIB.

Baca Juga

Selain itu, pada Sabtu siang WIB, ia mendapatkan laporan ada empat relawan Ganjar-Mahfud mengalami luka berat akibat kekerasan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Kekerasan tersebut berasal dari oknum anggota TNI dari Batalyon Infanteri (Yonif) 408/Raider yang berada di bawah komando Kodam IV/Diponegoro.

"Kalau itu benar, kami ingin minta kepada Panglima TNI (Jenderal Agus Subiyanto) untuk mengambil tindakan yang tegas dan mempertanggungjawabkan secara hukum mereka yang melakukan kekerasan," ujar Todung.

Dia menegaskan, aksi kekerasan tersebut tidak dapat dibenarkan, karena masyarakat menginginkan pemilihan umum yang damai dan tertib. Semua tindakan kekerasan yang dilakukan itu jelas melanggar hukum.

TPN Ganjar-Mahfud juga meminta agar personel TNI dan kepolisian melakukan investigasi lebih lanjut terhadap kasus kekerasan tersebut. Pasalnya, satu orang meninggal dunia akibat tindakan kekerasan dari pendukung pasangan calon lain.

"Kami sangat prihatin, dan sangat sedih, dan tidak bisa membayangkan. Apakah kita akan punya pemilu dan pilpres yang damai kalau keadaan semacam ini terus berlanjut apalagi bereskalasi? Jadi ini tidak bisa dibiarkan," ujar Todung.

Inisiator Pejuang PPP dipecat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement