Ahad 31 Dec 2023 20:19 WIB

Cak Imin Sebut Kentongan Simbol Gerakan Masyarakat Wujudkan Perubahan

Tradisi membunyikan kentongan di Jawa Timur, dikenal dengan sebutan patrol.

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat memberi keterangan pers dalam safari kampanye di wilayah Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (30/12/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar saat memberi keterangan pers dalam safari kampanye di wilayah Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (30/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa keberadaan kentongan atau alat komunikasi yang dibuat dari bambu, menjadi simbol gerakan masif masyarakat untuk mewujudkan perubahan.

Muhaimin di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengatakan, tradisi membunyikan kentongan di Jawa Timur, dikenal dengan sebutan patrol. Ia menilai patrol menjadi simbol untuk mengajak masyarakat untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Hari ini saya dikawal dan ikut bersama-sama melakukan patrol. Patrol itu tanda membangunkan masyarakat dari tidur untuk beribadah sahur," kata Muhaimin.

Menurut Muhaimin, patrol dilakukan oleh masyarakat di Jawa Timur untuk membangunkan orang-orang dan mengingatkan untuk beribadah. Ia menilai, pada 14 Februari 2024 juga ada satu ibadah penting yakni Pemilu 2024.

"Ada satu ibadah yang penting yaitu 14 Februari nanti, mari kita bangun dari tidur kita, buka mata, siapkan niat 14 Februari kita lakukan perubahan Indonesia," ujarnya.

Ia menuturkan, keinginan masyarakat melakukan perubahan sangat besar. Untuk itu, Muhaimin yang kerap disapa Cak Imin tersebut mengajak masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024. "Perubahan Indonesia hanya bisa dilakukan 14 Februari dengan memenangkan AMIN nomor 1," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Cak Imin turut berkeliling bersama masyarakat sembari memukul kentongan. Menurut Cak Imin, kentongan ini untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama mewujudkan perubahan yang lebih baik.

"Maka melalui kentongan ini seluruh masyarakat Malang, Jawa Timur pada umumnya dan seluruh bangsa Indonesia dibangunkan untuk ayo bergerak, rapatkan barisan untuk menuju perubahan,” tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 November 2023. Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement