Senin 01 Jan 2024 19:25 WIB

Kunjungi Kampung Halaman di Sleman, Anies Banyak Belajar dari Lingkungan Rumah

Kami anak yang dulu main layangan di sini, sekarang dapat amanah mohon didoakan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan.
Foto: Republika/Eva Rianti
Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan bersilaturahim dengan warga Kampung Grompol, Desa Karangwuni, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Ahad (31/12/2023). Lokasi tersebut adalah tempat Anies dibesarkan semasa remaja hingga memasuki bangku kuliah. Anies mengungkapkan banyak belajar dari lingkungan rumah.

"Tinggal di Karangwuni yang hanya 100 meter dari masjid yang aktivisnya rata-rata mahasiswa, generasi mahasiswa. Saya belajar mentoring dari para mahasiswa. Masa bertumbuh di Karangwuni inilah yang menjadi ekosistem bertumbuhan, lingkungan yang sangat sehat secara intelektual, guyub," kata  Anies di Sleman, Ahad.

Baca Juga

Menurut lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut, Karangwuni merupakan kampung ideal untuk bisa tumbuh. Anies pun bersyukur bisa merasakan manfaat itu yang pengalamannya tidak terlupakan hingga kini.

"Bibit yang jadi keluarga, lingkungan rumah, keakraban itu tergambar sampai sekarang. Kami anak yang dulu main layangan di sini, sekarang dapat tugas amanah mohon didoakan. Kami keliling terus," ucap Anies.

Eks gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu mengaku, bersyukur bisa kembali mengunjungi Grompol. Anies menyampaikan, saat ini, setiap hari dirinya bertemu dengan banyak orang selama masa kampanye hingga pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Jabat tangan itu penuh semangat, penuh inspirasi. Bertemu dengan tidak terhingga hati nurani yang menginginkan ada perubahan," ujar Anies. Dia menyebut, hari ini perubahan menjadi harapan bagi mereka yang merasa terlemahkan dan terkalahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement