Selasa 02 Jan 2024 18:01 WIB

Hasto: Ganjar-Mahfud Dapatkan Lonjakan Sentimen Positif

Sekjen PDIP Hasto sebut Ganjar-Mahfud mendapatkan lonjakan sentimen positif.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sekjen PDIP Hasto sebut Ganjar-Mahfud mendapatkan lonjakan sentimen positif.
Foto: dok tpn ganjar mahfud
Pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sekjen PDIP Hasto sebut Ganjar-Mahfud mendapatkan lonjakan sentimen positif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengungkap hasil survei internalnya pada tujuh hari terakhir. Dari survei tersebut, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapatkan lonjakan sentimen positif dari masyarakat.

"Dalam catatan tujuh hari terakhir (Ganjar-Mahfud) terdapat sentimen positif yang sangat besar," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga

Ia sendiri tak memaparkan lebih detail terkait hasil survei internalnya, di mana Ganjar-Mahfud diklaim mendapatkan sentimen positif yang besar. Hasto hanya menyampaikan, angka sentimen positif tersebut lebih besar dari Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar.

"Sehingga dengan atmosfer yang positif dengan sentimen positif dari Pak Ganjar dan Prof Mahfud MD, sentimennya itu yang paling besar daripada yang lain dari data artificial intelegence kami," ujar Hasto.

Masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tersisa 42 hari, dalam waktu tersebut pihaknya akan memaksimalkannya untuk merebut hati rakyat. Khususnya dengan turun langsung ke masyarakat.

Salah satu target PDIP adalah merebut suara di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Bambang Wuryanto, Said Abdullah, dan calon anggota legislatif (caleg) unggulan lainnya siap mewujudkan target tersebut.

"Sehingga beberapa wilayah-wilayah strategis dengan sentimen positif sebagaimana digambarkan di dalam data yang ada di sini membangunkan optimisme," ujar Hasto.

Sebelumnya, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menghormati hasil survei yang dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dalam waktu berdekatan. Namun, pihaknya memiliki hasil survei internal yang berbeda.

Jelasnya, survei di internal TPN Ganjar-Mahfud menggunakan metode triangulasi dengan melihat hasil survei, forum group discussion (FGD), dan analisis media. Hasilnya, pasangan calon nomor urut tiga itu berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 37 persen.

"Kita di peringkat kedua dengan 37 persen. Sementara paslon lainnya di tingkat 41 (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka) dan 21 (Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar)," ujar Arsjad dalam acara "45 Hari Menuju Kemenangan Ganjar-Mahfud, di Djakarta Theater, Jakarta, Sabtu (30/12/2023) malam.

Ia mengeklaim, survei di internalnya lebih akurat dengan menggunakan metode triangulasi tersebut. Meskipun ia tetap mengingatkan seluruh elemen pendukung Ganjar-Mahfud untuk bekerja lebih keras dan efektif.

Salah satunya adalah menargetkan masyarakat yang belum menentukan pilihannya atau undecided voters. Sebab, perebutan suara masih sangatlah dinamis jelang pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Perubahan bisa terjadi dengan cepat. Mereka-mereka yang belum tersentuh harus segera kita sentuh, sentuh hatinya, kita isi pikirannya dengan siapa Ganjar-Mahfud apa gagasannya, dan bagaimana track recordnya," ujar Arsjad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement