Rabu 03 Jan 2024 14:43 WIB

Anies Sebut Sumbar Banyak Lahirkan Tokoh-Tokoh Besar Indonesia

Menurut Anies, Hamka adalah figur luar biasa yang memiliki fondasi keagamaan kuat.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan saat berkampanye menyalami masyarakat di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Rabu (3/1/2024).
Foto: Antara/Muhammad Zulfikar
Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan saat berkampanye menyalami masyarakat di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Rabu (3/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH DATAR -- Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menilai, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah melahirkan banyak tokoh hebat yang membawa pengaruh dan perubahan besar bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia.

"Semasa kecil, saya sering membaca dan menikmati biografi tokoh-tokoh asal Ranah Minang," kata Anies dalam kegiatan bertajuk 'Desak Anies' di Lapangan Cindua Mato, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Rabu (3/1/2023).

Baca Juga

Menurut Anies, tokoh-tokoh kelahiran Ranah Minang merupakan pejuang luar biasa dan tangguh. Sebagai contoh, dia menyebutkan, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, Mohammad Natsir, Buya Hamka, Rasuna Said, Mohammad Yamin, dan nama besar lainnya.

"Ketika mendengar atau kembali ke Ranah Minang ini, saya selalu ingat nama-nama besar itu. Bagi saya, tempat ini atau para Bundo Kanduang berhasil melahirkan pejuang tangguh," ucap eks mendikbud tersebut.

Anies juga menyebutkan, banyak tokoh asal Minang yang menginspirasi dirinya, salah satunya Haji Abdul Malik Karim Amrullah alias Buya Hamka. Menurut Anies, sosok Hamka adalah figur luar biasa yang memiliki fondasi keagamaan kuat, konsep perjuangan, dan cita rasa seni sastra luar biasa.

Bahkan, ia menilai, Hamka adalah tokoh paket komplet, termasuk dari sisi kesabaran dalam menghadapi ujian. "Buya Hamka bisa menjadi salah satu teladan bagi kita semua di sini," tambahnya.

Di hadapan para pendukungnya, Anies bercerita saat berkunjung ke Kota Bukittinggi semasa kuliah untuk melihat langsung Jam Gadang yang menjadi ikon kota wisata tersebut. "Kembali atau berkampanye ke Provinsi Sumbar sama halnya dengan tapak tilas," ujar Anies.

​​​​​​​

Setelah berdialog dengan para pendukungnya, Anies melanjutkan agenda kampanye ke Sawah Solok Padang Lindang, lalu bertemu para simpatisan di Gedung Olahraga Tanjung Paku, Kota Solok. Adapun Anies bergandengan dengan Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusung Koalisi Perubahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement