Kamis 04 Jan 2024 17:20 WIB

Ganjar: KPU Minta Maaf Terus, Nanti Kredibilitasnya Kita Pertanyakan Loh...

Capres Ganjar sebut KPU melakukan kesalahan berulang dan meminta maaf terus.

Ganjar Pranowo. Capres Ganjar sebut KPU melakukan kesalahan berulang dan meminta maaf terus.
Foto: Republiika/Nawir Arsyad Akbar
Ganjar Pranowo. Capres Ganjar sebut KPU melakukan kesalahan berulang dan meminta maaf terus.

REPUBLIKA.CO.ID, BLORA -- Calon Presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengaku heran dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melakukan kesalahan berulang yakni melakukan simulasi pilpres dengan surat suara di Surakarta hanya dua pasangan calon.

 

Baca Juga

“Ya ini KPU penyelenggara kok berkali-kali minta maaf terus ya. Kalau minta maaf terus nanti kredibilitasnya akan dipertanyakan loh ya,” kata Ganjar saat ditemui usai melakukan konsolidasi bersama TPD, TPC dan relawan di Rumah Relawan, Blora, Jawa Tengah, Kamis.

Ganjar meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk dapat bertugas secara profesional. Apalagi, beberapa waktu lalu terungkap puluhan ribu surat suara di Taiwan yang dikirim di luar jadwal, kata dia.

Mantan Anggota DPR RI tersebut juga meminta perlu adanya pengawasan kepada KPU agar kesalahan serupa tidak kembali terulang.

“Makanya sebenarnya semua yang keluar dari KPU, kita minta ada yang melakukan supervisi agar tidak terjadi kesalahan. Dan mereka akan memperbaiki itu,” tutur Ganjar.

Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengingatkan kepada KPU agar tetap menjaga profesionalitasnya sebagai pihak penyelenggara.

“Maka profesionalismenya mesti ditunjukkan betul-betul,” kata Ganjar.

Sebelumnya perwakilan PDI Perjuangan (PDIP) mendapati bahwa KPU di Surakarta menggunakan surat suara yang hanya berisi dua paslon dalam simulasi Pilpres 2024. Oleh sebab itu, PDIP Surakarta melakukan protes.

PDIP sendiri merupakan partai politik pendukung paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam ajang Pilpres 2024. Ganjar-Mahfud merupakan paslon bernomor urut 3.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024. Ada tiga pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Nomor Urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Nomor Urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD Nomor Urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement