Jumat 05 Jan 2024 07:15 WIB

Survei Utting Research: Anies Bisa Sejajar dengan Prabowo

Sebanyak 41 persen pemilih menilai Anies kandidat paling mengesankan dalam debat.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) saling menyapa usai mengikuti sesi debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik.  Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan), capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) saling menyapa usai mengikuti sesi debat perdana Calon Presiden di Halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat capres perdana mengangkat tema Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, kerukunan masyarakat, dan pelayanan publik. Debat tersebut berlangsung selama 120 menit yang terdiri dari 6 segmen dan 18 pertanyaan yang dipandu oleh moderator Ardianto Wijaya dan Valerina Daniel.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei dari Australia, Utting Research merilis survei terbaru pada Kamis (4/1/2024) mengenai elektabilitas calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Hasilnya, survei Utting Research menempatkan capres nomor urut 1 Anies Baswedan sebagai capres yang elektabilitasnya melejit.

Utting Research menilai tren peningkatan elektabilitas Anies yang konsisten bisa mengejar capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. Hasil survei menunjukkan Prabowo di posisi unggul dengan angka elektabilitas 44 persen, disusul Anies sebesar 28 persen, lalu Ganjar Pranowo 21 persen.

Baca Juga

Selebihnya sekitar 7 persen belum memutuskan pilihannya. Tercatat dari hasil survei terbaru tersebut, elektabilitas Prabowo turun sebanyak enam persen dari survei Utting Research sebelumnya di angka 50 persen.

Sebaliknya, elektabilitas Anies naik sebanyak enam persen dari sebelumnya di angka 22 persen. Adapun Ganjar mengalami penurunan tiga persen dari survei sebelumnya di angka 24 persen.

 

"Sebuah indikasi jelas meningkatnya daya tarik Anies di kalangan pemilih, peningkatan ini menandai titik balik dalam pemilu dengan menjadikan Anies sebagai penantang utama dalam pemilu tersebut," kata Managing Director Utting Research John Utting, dikutip dari hasil risetnya, Kamis (4/1/2024).

Performa debat Anies paling mengesankan ...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement