Jumat 05 Jan 2024 14:19 WIB

Relawan Muda TKN: Prabowo-Gibran Semakin Susah Disusul (Samsul)

Mas Gibran sebelumnya banyak diremehkan, mampu menunjukkan potensinya.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka membagikan susu kepada pengunjung di Pasar Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Ahad (3/12/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka membagikan susu kepada pengunjung di Pasar Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Ahad (3/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyebut, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu semakin sulit disusul oleh para kompetitornya. Karena itu, TKN membuat turnamen mini soccer bertajuk 'Semakin Susah Disusul (Samsul)'.

Gibran Rakabuming Raka diketahui sempat dijuluki samsul, sebuah cemoohan yang dilontarkan politikus PDIP Masinton Pasaribu. Hal itu imbas putra sulung Presiden Jokowi tersebut pernah salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan ibu hamil.

Baca Juga

Komandan Tim Relawan Muda TKN, David Herson, Gibran berhasil mematahkan anggapan yang meremehkan dirinya saat tampil dalam debat perdana cawapres pada Desember 2023 lalu. Bahkan, penampilan Gibran unggul jauh dibanding dua kompetitornya yang merupakan politikus senior.

"Mas Gibran sebelumnya sangat banyak orang yang meremehkan, dipandang sebelah mata, tapi justru lewat debat menunjukkan bahwa anak muda seperti Mas Gibran itu punya potensi," kata David saat membuka turnamen Samsul di Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024).

Selain unggul saat debat, kata David, Gibran juga unggul secara usia. Sebab, pria berusia 36 tahun adalah satu-satunya peserta Pilpres 2024 yang berasal dari kalangan anak muda.

Ia pun yakin pemilih bimbang (undecided voters) yang didominasi oleh pemilih muda akan melabuhkan pilihannya kepada Prabowo-Gibran. "Kita yakin undecided voters yang hampir 20 juta akan menetukan pilihannya untuk mendukung paslon nomor 2," ucapnya.

David menyebut, turnamen Samsul digelar juga untuk mendekatkan Prabowo-Gibran dengan pemilih muda. Dalam turnamen itu, adik Gibran yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep turut berpartisipasi sebagai pemain.

Sebagai gambaran, Gibran memang tampil mengejutkan dalam debat perdana cawapres dengan tema ekonomi itu. Dia bisa menjawab hampir semua pertanyaan, bahkan dia sempat memberikan respons menohok kepada dua kompetitornya, Muhaimin dan Mahfud.

Performa Gibran itu seperti mematahkan anggapan selama ini bahwa pria berusia 36 tahun itu takut debat. Putra sulung Presiden Jokowi itu juga mematahkan anggapan bahwa dirinya irit bicara karena tak punya gagasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement