Jumat 05 Jan 2024 19:10 WIB

Selain MNC Group, KPU Tunjuk Garuda TV Jadi Media Penyelenggara Debat Capres

KPU menyebut penunjukan Garuda TV sudah disepakati semua tim sukses.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Ketua KPU Hasyim Asyari memberikan keterangan pers terkait persiapan debat Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (5/1/2024). Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 dimana merupakan  debat kedua antar capres yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta , Ahad (7/1/2024) malam. Debat tersebut mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua KPU Hasyim Asyari memberikan keterangan pers terkait persiapan debat Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (5/1/2024). Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 dimana merupakan debat kedua antar capres yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta , Ahad (7/1/2024) malam. Debat tersebut mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya mengakomodir keberatan yang dilayangkan kubu Prabowo-Gibran soal media penyelenggara debat ketiga capres-cawapres didominasi empat stasiun televisi yang tergabung dalam MNC Group. KPU menambah Garuda TV sebagai media penyiar debat ketiga itu.

"Sedangkan untuk televisi penyelenggara, MNC Group dan ditambah support dari Garuda TV," kata Komisioner KPU RI August Mellaz saat konferensi pers terkait persiapan debat di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024) petang.

Baca Juga

Dengan demikian, kata dia, media penyelenggara debat antarcapres itu adalah MNC TV, RCTI, iNews TV,  Global TV, dan Garuda TV. Sebagai catatan, Garuda TV awalnya ditetapkan sebagai media penyelenggara debat kelima. Garuda TV diketahui merupakan stasiun televisi yang terafiliasi dengan Prabowo Subianto.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, penunjukkan Garuda TV sebagai media penyelenggara debat ketiga memang setelah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak, terutama dari perwakilan tim sukses pasangan capres-cawapres. Dia memastikan penunjukkan Garuda TV itu sudah disepakati oleh semua tim sukses semua pasangan calon.

"Adanya tambahan satu televisi dalam tim televisi yang menyiarkan debat tersebut tentu sudah dengan berbagai macam pertimbangan dan pembicaraan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam debat capres nanti, baik dengan tim calon maupun televisi penyelenggara," kata Hasyim dalam kesempatan sama.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran melayangkan surat keberatan kepada KPU karena MNC Group menjadi media penyelenggara debat ketiga. Mereka khawatir MNC Group tidak berlaku adil kepada semua capres.

Pasalnya, MNC Group dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo yang merupakan Ketua Umum Perindo. Partai tersebut diketahui merupakan pendukung pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Mengingat pemilik dari MNC Pak Hary Tanoe adalah ketua umum partai yang hari ini mendukung salah satu paslon 03, rasanya sih lebih baik ditimbang ulang oleh KPU," kata Wakil Ketua TKN, Grace Natalie kepada wartawan, dikutip Senin (1/1/2024).

Pada Selasa (2/1/2024), cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar juga mengaku keberatan MNC Group jadi media penyelenggara debat. Sebab, Muhaimin meragukan independensi empat stasiun televisi di bawah naungan MNC Group.

Debat ketiga yang mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo itu akan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (7/1/2024) malam. Debat tersebut mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement