Jumat 05 Jan 2024 19:24 WIB

Panelis Debat dari Unhan Diprotes Muhaimin, KPU: Kami Yakin Mereka Berintegritas

KPU meyakini 11 orang panelis selalu berupaya menjaga integritas akademiknya.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua KPU Hasyim Asyari bersiap memberikan keterangan pers terkait persiapan debat Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua KPU Hasyim Asyari bersiap memberikan keterangan pers terkait persiapan debat Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari merespons keberatan cawapres nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin soal dua dosen Universitas Pertahanan (Unhan) menjadi panelis debat ketiga capres-cawapres. Muhaimin meminta dua panelis itu diganti karena Unhan berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.

Hasyim mengatakan, 11 anggota tim panelis debat ketiga berasal dari berbagai universitas dan lembaga. Semua orang itu merupakan akademisi yang punya kemampuan yang sesuai dengan tema debat ketiga, yakni pertahanan hingga geopolitik.

Baca Juga

Pihaknya juga meyakini 11 orang itu punya dan selalu berupaya menjaga integritas akademiknya. "Jadi kita meyakini semuanya punya integritas lah para panelis itu," kata Hasyim saat konferensi pers terkait persiapan debat di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Selain itu, lanjut Hasyim, tidak ada ruang bagi para panelis untuk membuat pertanyaan yang menguntungkan salah satu capres. Sebab, para panelis total membuat 18 pertanyaan. Adapun pertanyaan yang didapat capres saat debat ditentukan lewat mekanisme undi.

"Jadi, kalau ada 18 pertanyaan dan kesempatan untuk seperti itu, sudah pasti juga tidak semua pertanyaan akan diperoleh, karena memperolehnya melalui mekanisme undi yang kita sama-sama tahu dilakukan secara transparan," kata Hasyim.

Dia menambahkan, 11 panelis debat itu ditetapkan setelah dibicarakan dalam rapat persiapan debat yang melibatkan pimpinan KPU, perwakilan tim sukses semua pasangan capres-cawapres, dan media penyelenggara debat. Dalam rapat itu dibahas asal institusi 11 penelis itu dan keahlian mereka masing-masing.

Pernyataan Hasyim itu menandakan bahwa tidak ada pergantian panelis debat. Sebanyak 11 panelis debat yang sudah ditetapkan akan tetap bekerja msnyusun pertanyaan debat mulai Jumat malam ini.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin protes mengenai adanya dua panelis dalam debat capres yang merupakan pengajar di Universitas Pertahanan (Unhan). Hal itu dinilai akan mengaburkan objektivitas, mengingat Unhan berada di bawah Kementerian Pertahanan yang mana menterinya adalah capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

"Karena itu saya protes, syukur-syukur bisa diganti," ujar Cak Imin, Kamis (4/1/2024).

Dua panelis yang dipersoalkan Cak Imin itu adalah Kusnanto Anggoro yang merupakan pakar keamanan dari Unhan, dan Laksamana (Purn) Marsetio yang merupakan Ketua Dewan Guru Besar Unhan dan pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) 2012-2014.

Debat ketiga capres-cawapres adalah ajang adu gagasan antarcapres, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Acara debat itu akan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (7/1/2024) malam. Debat tersebut mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement