Ahad 07 Jan 2024 17:13 WIB

Jelang Debat Ketiga, Timnas AMIN: Penuh Keseruan dan Kejutan 

Anies tidak ada agenda kampanye khusus untuk menjaga konsentrasi jelang debat.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Capres Anies Baswedan menggelar kampanye di Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, Kamis (4/1/2024).
Foto: Dok Republika
Capres Anies Baswedan menggelar kampanye di Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, Kamis (4/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN' Billy David Nerotumilena mengatakan, Anies sepenuhnya siap dalam mengikuti debat ketiga bertema pertahanan yang akan berlangsung pada Ahad (7/1/2024) malam. Billy menyebut debat kali ini akan penuh dengan keseruan dan kejutan seperti debat sebelumnya yang dijalani Anies melawan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

"Hari ini Pak Anies tidak ada agenda kampanye dan fokus untuk persiapan debat. Tentu untuk menjaga konsentrasi, mood, dan juga stamina. Pak Anies siap 100 persen menghadapi debat ketiga," kata Billy kepada wartawan, Ahad (7/1/2024) siang. 

 

Billy menyebut kesiapan Anies sejalan dengan kegiatan dialog atau diskusi dengan masyarakat, termasuk tema yang diangkat dalam debat ketiga nanti malam. Seperti acara Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Foreign Policy Community Indonesia (FPCI). Billy menyebut akan ada kejutan pula yang ditampilkan Anies dalam debat ketiga nantinya. 

 

"Jadi secara gagasan dan ide sudah siap terhadap semua sub tema yang akan dibahas, selain nanti ditambahkan dengan data, kritik, ataupun kejutan-kejutan lain. Ide dan gagasan ini juga sudah diuji melalui keterlibatan publik dan expert yang digagas tim formulasi kebijakan dalam perumusan visi misi," ujar dia. 

 

Lebih lanjut, Billy menyebut Anies juga siap menghadapi capres yang berpengalaman dalam bidang pertahanan. Menurutnya, belum tentu Anies tidak lebih cakap dalam berdebat melawannya. 

 

"Capres yang sedang dalam posisi menjabat tidak berarti paham semua urusan ataupun solutif terhadap semua sub tema ini. Jadi capres 01 tetap optimis akan menampilkan performa terbaik. Jadi debat ketiga nanti akan tetap akan penuh keseruan yang patut ditunggu," tegasnya. 

 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar debat ketiga Pilpres 2024 dimana merupakan debat kedua antar capres yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta , Ahad (7/1/2024) malam. Debat tersebut mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

 

Ajang adu gagasan itu akan mempertemukan Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Gelaran debat yang dimoderatori oleh Anisha Dasuki dan Aryo Ardi itu bakal disiarkan secara langsung di empat stasiun televisi naungan MNC Group.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement