Rabu 10 Jan 2024 20:57 WIB

KPU: 75 Persen Surat Suara Pilpres Sudah Tiba di Gudang Kabupaten/Kota

Surat suara pemilihan DPR RI, kata dia, sudah 69,94 persen yang tiba di gudang KPU

Petugas mengemas surat suara di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/1/2024). Aktivitas perakitan kotak suara dan pelipatan surat suara kembali normal beroperasi sejak Rabu (10/1) pagi, setelah kondisi gudang logistik KPU sempat tergenang air akibat luapan drainase di kawasan tersebut pada Selasa (9/1) malam. Ketua KPU Kota Bekasi Ali Syaifa AS mengatakan pihaknya telah melakukan antisipasi jika kembali terjadi genangan air di area gudang logistik dengan menyediakan papan palet untuk penyimpanan logistik, penambahan pompa air serta mengintruksikan kepada petugas untuk siaga. Sementara  logistik Pemilu 2024 secara keseluruhan dalam kondisi aman dan tidak ada yang rusak.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas mengemas surat suara di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/1/2024). Aktivitas perakitan kotak suara dan pelipatan surat suara kembali normal beroperasi sejak Rabu (10/1) pagi, setelah kondisi gudang logistik KPU sempat tergenang air akibat luapan drainase di kawasan tersebut pada Selasa (9/1) malam. Ketua KPU Kota Bekasi Ali Syaifa AS mengatakan pihaknya telah melakukan antisipasi jika kembali terjadi genangan air di area gudang logistik dengan menyediakan papan palet untuk penyimpanan logistik, penambahan pompa air serta mengintruksikan kepada petugas untuk siaga. Sementara logistik Pemilu 2024 secara keseluruhan dalam kondisi aman dan tidak ada yang rusak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan, pihaknya sudah rampung mencetak semua surat suara Pilpres 2024. Sebanyak 94,8 persen di antaranya sudah dikirimkan ke gudang KPU kabupaten/kota.

"Penerimaan (suara pilpres) di tempat penyimpanan/gudang KPU kab/kota sebesar 75,62 persen," kata Yulianto lewat siaran pers resmi KPU, Rabu (10/1/2024).

Adapun surat suara pemilihan DPR RI, kata dia, sudah 69,94 persen yang tiba di gudang KPU kabupaten/kota. Lalu surat suara pemilihan DPD sudah 72,61 persen, surat suara pemilihan DPRD provinsi 59,44 persen, dan surat suara pemilihan DPRD kabupaten/kota sudah 69,89 persen tiba di gudang.

Proses pengadaan hingga pengiriman surat ini merupakan bagian dari pemenuhan logistik Pemilu 2024 tahap II. Dalam tahap II ini, KPU juga masih berproses untuk memenuhi kebutuhan sampul kertas, formulir C hasil plano, formulir C hasil salinan (A4), alat bantu tuna netra, daftar pasangan capres-cawapres, dan daftar tetap caleg semua tingkatan.

Yulianto mengatakan, untuk pemenuhan logistik tahap I sudah 100 persen tiba di gudang KPU kabupaten/kota. Yang masuk tahap I adalah pemenuhan kotak suara, tinta, bilik pemungutan suara, segel, dan kabel ties.

KPU kabupaten/kota di seluruh Indonesia, kata dia, kini sedang melakukan proses sortir dan lipat terhadap surat suara yang sudah tiba. Dilakukan pula perakitan kotak suara serta pengecekan dan pengemasan logistik Pemilu 2024 untuk selanjutnya dikirimkan ke TPS-TPS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement