Rabu 10 Jan 2024 22:52 WIB

Pengamat Nilai Dukungan Khofifah Bisa Perkuat Elektabilitas Prabowo-Gibran

Arah dukungan Khofifah dinilai bisa ikut menentukan potensi kemenangan Pilpres 2024.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Republika/Arie Lukihardianti
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik Ahmad Khoirul Umam menilai, dukungan politik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan memperkuat elektabilitas paslon Prabowo dan Gibran. Dukungan Khofifah itu, kata dia, juga akan menentukan potensi kemenangan di Pilpres 2024.

"Dukungan politik Gubernur Jawa Timur Khofifah jelas akan memboosting elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur, yang selama ini menjadi medan pertarungan terbuka sekaligus menentukan potensi kemenangan Pilpres mendatang," ujar Umam dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (10/1/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan, salah satu simpul kekuatan politik Jawa Timur adalah basis pemilih Nahdliyyin. Dukungan Khofifah pada Prabowo-Gibran akan membantu mengonsolidasikan simpul-simpul kekuatan politik Nahdliyyin untuk mempertebal kekuatan elektoral Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

Umam menilai, dukungan Khofifah itu akan membantu membukakan pintu bagi Prabowo-Gibran untuk masuk ke basis-basis pesantren. Menurutnya, kampanye di jaringan pesantren tetap dibutuhkan untuk mengoptimalkan dukungan massa riil berbasis santri, alumni pesantren, hingga orang tua santri.

Umam juga berpendapat, dukungan Khofifah kepada Prabowo-Gibran ini akan mengganggu mesin politik PKB di kubu Anies-Muhaimin, yang saat ini menggantungkan mesin politiknya pada jaringan pesantren dan masyarakat Nahdliyyin.

"Tekanan terhadap mesin politik PKB di basis NU juga semakin kuat, ketika elit pengurus PBNU sendiri dirasa tidak sejalan dengan kepentingan politik pencawapresan Cak Imin," lanjut dia.

Lebih lanjut, Umam mengatakan, basis elektabilitas Prabowo-Gibran di Jawa Timur saat ini masih cukup kompetitif, karena didukung mesin politik yang kuat di Jatim. Mesin politik Gerindra di Jatim sendiri lebih banyak dijalankan oleh jaringan mantan politisi PKB yang dulu memisahkan diri ketika terjadi konflik internal di PKB.

"Karena itu bisa dipahami mengapa cukup banyak pesantren di wilayah Tapal Kuda, Mataraman dan Arek yang saat ini mendukung Prabowo-Gibran," kata dia.

Sementara itu, lanjutnya, dua mesin politik yang selama ini mendominasi Jatim, yakni PDIP dan PKB sebagai representasi kekuatan politik abangan dan santri, saat ini terpecah di dua gerbong koalisi yang berbeda.

Kendati demikian, Umam berpendapat, konstalasi politik di Jawa Timur masih dinamis. "Mengingat Jatim adalah battle field terbuka dalam pilpres, maka jika ada paslon bisa menggabungkan mayoritas  jaringan politik nasionalis dan politik santri di Jatim, besar kemungkinan paslon itu akan memenangkan kontestasi Pilpres di tingkat nasional," ujar Umam.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, menepati janjinya untuk menyampaikan arah dukungan di Pilpres 2024, sepulang menjalani ibadah umroh. Khofifah pun menyatakan dukungan bagi pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Khofifah menyatakan dirinya siap masuk tim juru kampanye nasional (jurkamnas) pasangan Prabowo-Gibran. 

"Bahwa sesuai janji saya, setelah umroh saya akan menyampaikan dukungan posisi saya, dan saya menyampaikan saya mendukung paslon nomor 02, dan saya siap masuk jurkamnas, saya siap masuk TKN," kata Khofifah di ruang VIP Bandara Juanda, Sidoarjo, Rabu (10/1/2024).

 

photo
Elektabilitas capres cawapres. - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement