Rabu 10 Jan 2024 23:53 WIB

Kala Mahfud Ditanya Soal Dulu Sering Tidur di Kuburan China, ‘Tak Punya Rasa Takut Prof?’

Kisah menarik dari Mahfud itu membuat netizen terheran-heran.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Live TikTok @mohmahfudmdofficial pada Selasa (9/1/2024) malam.
Foto: Dok. Web
Live TikTok @mohmahfudmdofficial pada Selasa (9/1/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, DIY -- Fakta unik datang dari cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Bagaimana tidak, Menkopolhukam itu ternyata pernah tidur di kuburan China saat kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kisah menarik dari Mahfud itu membuat warganet terheran-heran. Dalam live TikTok @mohmahfudmdofficial pada Selasa (9/1/2024) malam, seorang TikTokers bernama Chandra Dirgantara pun bertanya kepada Mahfud.

Baca Juga

“Prof Kabarnya dulu waktu sekolah di Jogja sering tidur di kuburan china. Apa yang membuat Prof tidak punya rasa takut?,” tanya Chandra yang dibacakan Mahfud.

Sontak pertanyaan itu membuat Mahfud sedikit tergelitik. Sambil tertawa kecil, Mahfud menjelaskan alasan tidur di kuburan China. Kira-kira kenapa ya?

“Dulu waktu saya sekolah itu tempat kos saya itu ya anyaman bambu. Rumahnya sederhana sekali tidak ada listrik,” kata Mahfud mulai bercerita.

Selanjutnya Mahfud menjelaskan kalau di tempat kosnya itu memiliki kamar yang sempit dan tidak ada listrik. Penerangannya  hanya ada dari lampu ‘templok’ yang mengeluarkan cahaya kuning.

“Sementara kuburan china mewah waktu itu. Pakai porselen, ada lampunya, ada yang bersihkan,” lanjut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Kondisi kuburan China yang disebut Mahfud mewah itu akhirnya menjadi tempat belajar sehari-hari. Namun di sela-sela belajarnya, seringkali Mahfud tertidur karena merasa nyaman.

“Saya tidur di situ sambil belajar, maksudnya bukan untuk tidur, tapi untuk belajar tidak usah bayar listrik dan tidak menakutkan,” kata Mahfud.

“Kuburannya kan ramai, bersih, ada lampunya terang benderang, bukan kayak kuburan di kampung gelap menakutkan gitu,” sambungnya.

Akhirnya terjawab, kuburan yang dipandang banyak orang sebagai lokasi ‘menakutkan’ ternyata tidak demikian bagi Mahfud. Apalagi, kata Mahfud, kuburannya terang dan bersih.

“Tapi saya tidak takut waktu itu karena tempatnya ramai dan untuk apa juga sih takut kuburan,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement