Kamis 11 Jan 2024 08:20 WIB

Megawati Optimistis Ganjar-Mahfud Menang Satu Putaran, TPN Berbeda

Kata Megawati, qulil haqqa walau kana murran, sampaikan kebenaran meskipun itu pahit.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik dalam HUT Ke -51 PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politik dalam HUT Ke -51 PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menyampaikan rasa optimistis jika Ganjar Pranowo-Mahfud MD dapat memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dalam satu putaran. Optimistisnya tersebut diungkapkan dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 PDIP.

Awalnya, Megawati memberikan pesan moral dalam berpolitik untuk menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dia menegaskan, kebenaran harus ditegakkan demi kepentingan rakyat atau yang biasa disebut sebagai akar rumput.

Baca Juga

"Pesan politik kebenaran ternyata juga dapat diambil dari keteladanan dari Nabi Muhammad SAW. Karena apa? seorang sahabat Nabi, yang hidup katanya paling miskin, namun sangat berbahagia, yakni Abu Dzar Al Ghifari," ujar Megawati dalam sambutannya di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

"Rasulullah berpesan 'qulil haqqa walau kana murran', apa yang artinya? Sampaikan kebenaran meskipun itu pahit," kata Megawati menambahkan.

Dia juga mengutip pesan dari Sidharta Gautama tentang tiga hal yang tak bisa disembunyikan di dunia. Tiga hal tersebut adalah, fungsi matahari, bulan, hingga kebenaran.

Setelah menyampaikan dua pesan tersebut, ia mengaku optimistis jika Ganjar-Mahfud dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Hal tersebut dapat terwujud dengan dukungan rakyat Indonesia. "Jadi insya Allah kita akan menang satu putaran. Siap?" ujar Megawati disambut teriak kesiapan kader PDIP.

Namun, pendapat berbeda pernah disampaikan oleh Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang justru meramalkan terjadinya dua putaran. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto.

Dia mengakui, sebelumnya mereka optimistis dapat memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran. Kendati demikian, ia tak menjelaskan gamblang terkait realistisnya TPN yang kini sedang mempersiapkan strategi untuk putaran kedua kontestasi.

"Kalau pakai data objektif hari ini tampaknya kami harus mulai mempersiapkan strategi untuk putaran dua, yang tadinya kami optimis bisa menang satu putaran," ujar Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).

TPN melihat data dari hasil survei, diskusi publik, dan analisis media. Dari metode tersebut, Ganjar-Mahfud mendapatkan sentimen positif usai debat calon wakil presiden (cawapres) pada 22 Desember 2023.

Data tersebut nantinya akan menjadi alat untuk menentukan arah kampanye dari Ganjar-Mahfud. Andi yakin, elektabilitas pasangan nomor urut 3 itu akan rebound dan mengungguli dua kompetitornya.

Lewat data survei, diskusi publik, dan analisis media tersebut juga, Andi meyakini bahwa klaim untuk memenangkan Pilpres 2024 dalam satu putaran merupakan hal yang sulit. Kecuali, terjadi sesuatu yang diluar prediksi tim pemenangan ketiga pasangan calon.

"Kalau tidak terjadi sesuatu yang signifikan, maka peluang putaran dua tampaknya akan terjadi antara pasangan 02 dan 03," ujar Andi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement