Jumat 12 Jan 2024 19:16 WIB

Banyak Kapal Asing Ilegal, Prabowo Ingin Perkuat TNI AL

Capres Prabowo Subianto ingin memperkuat TNI AL karena banyak kapal asing ilegal.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyapa relawan dari atas mobil. Capres Prabowo Subianto ingin memperkuat TNI AL karena banyak kapal asing ilegal.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyapa relawan dari atas mobil. Capres Prabowo Subianto ingin memperkuat TNI AL karena banyak kapal asing ilegal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menyatakan ingin memperkuat TNI Angkatan Laut apabila dirinya berhasil menjadi presiden RI 2024-2029. Sebab, menurut dia, kini masih banyak kapal asing yang memasuki laut Indonesia tanpa izin.

Hal itu disampaikan Prabowo ketika menerima dukungan dari kelompok Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2024). Dalam pidato politiknya, Prabowo awalnya menyebut dirinya akan membuat kebijakan yang berpihak kepada nelayan, karena mereka adalah pahlawan pangan bagi rakyat Indonesia.

Baca Juga

Menteri Pertahanan itu lantas menyebut bahwa Indonesia adalah negara dengan laut yang luas dan tercatat sebagai salah satu negara dengan cadangan ikan terbesar di dunia. Ikan-ikan, kata dia, banyak beranak di lautan Indonesia.

"Tapi, masih terlalu banyak kapal-kapal asing yang tidak jelas, tanpa izin masuk ke laut kita. Karena itu, saya bertekad membangun angkatan laut yang kuat untuk menjaga kekayaan kita di laut dan di mana-mana, saudara sekalian," ujar Prabowo.

Dia mengatakan, untuk memperkuat keamanan laut Indonesia, maka harus dibuat banyak kapal. Namun, dia tak menyebut kapal perang. Dia justru menyebut kapal-kapal nelayan yang diperbanyak.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menyatakan, dirinya akan mencari skema untuk membiayai rencana memperbanyak kapal nelayan itu. Di sisi lain, dia mendorong para nelayan berkelompok atau membentuk koperasi.

"Kita akan mencari uangnya. Uangnya ada, itu untuk rakyat Indonesia. Negara kita sesungguhnya kaya," ujarnya.

"Saudara-saudara, negara kita kaya. Kalau ada yang selalu mau mengatakan bahwa negara kita miskin, itu bohong," kata Prabowo menambahkan.

Dia menegaskan bahwa apabila terpilih sebagai presiden RI, maka dirinya akan menjaga semua kekayaan Indonesia. Semua kekayaan itu juga akan dikelola sebaik mungkin agar bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia.

"Kita (Prabowo dan tim pakarnya) sudah hitung kekayaan kita luar biasa dan tekad saya sebelum saya dipanggil oleh Yang Maha Kuasa, saya ingin bekerja supaya kekayaan itu bisa dinikmati oleh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement